Mencapai Merdeka Finansial di Usia Muda

Sunday, 04 July 21 Venue

Merdeka finansial tidak hanya bisa dicapai oleh orang yang telah lama bekerja sehingga memiliki banyak uang. Menurut Achmad Junaidi, Direktur Koperasi Semangat Karya Mandiri, kini banyak anak muda yang memiliki target untuk merdeka finansial dan pensiun dini di usia 30-an.

“Kuncinya yaitu melalui investasi modal di berbagai instrument,” ujarnya dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (2/7/2021).

Investasi merupakan satu di antara banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan kapan saja. Aktivitas ini adalah salah satu cara untuk mencapai merdeka finansial. Artinya tidak perlu mengkhawatirkan mengalami kesulitan finansial di masa mendatang karena telah mempersiapkannya sejak dini melalui penanaman modal.

“Berbicara tentang penanaman modal, kebanyakan orang akan membayangkan tumpukan uang dalam jumlah besar untuk ditempatkan di suatu instrumen keuangan tertentu. Namun anggapan tersebut adalah opini yang telah usang. Karena saat ini terdapat banyak sekali media atau platform yang memungkinkan siapa saja untuk menanamkan modal walaupun terbatas jumlahnya,” kata Achmad.

BACA JUGA:   Generasi Milenial dan Literasi Digital

Sebelum memulai investasi, tambah dia, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kita selaku investor. Syarat sebelum investasi pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui kondisi cash flow keuangan. Kondisi cash flow keuangan setiap orang akan berbeda, tergantung dari bagaimana caranya mengelola uang.

Cash flow bisa positif artinya penghasilan lebih besar daripada pengeluaran, sebaliknya negatif artinya penghasilan lebih kecil daripada pengeluaran. “Sebelum kita mulai berinvestasi, sebaiknya cash flow keuangan kamu positif, sehingga jangan sampai memaksakan diri untuk investasi tetapi kita harus berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup.”

Syarat sebelum investasi kedua yang perlu diperhatikan adalah menyelesaikan kewajiban utang. Untuk hal ini memang tidak bisa digeneralisir karena setiap orang tentunya memiliki kondisi dan prioritas yang berbeda.

BACA JUGA:   Cara Efektif Memulai Bisnis Online

Namun idealnya kewajiban utang ini diselesaikan sebelum memulai investasi, khususnya jika utang tersebut memiliki bunga yang tinggi dan jangka waktunya panjang. Hal yang ditakutkan jika menundanya adalah nilai cicilan utang semakin menggunung nilainya.

Achmad mengatakan, sebagai syarat sebelum investasi ketiga yaitu yang penting diperhatikan adalah memiliki dana darurat. Meski peruntukannya untuk menutupi biaya yang kemungkinan muncul diakibatkan oleh satu kondisi darurat yang terjadi di luar rencana.

Sementara syarat sebelum investasi terakhir yang perlu diperhatikan adalah perlu mengenali profil risiko sendiri selaku investor. Selalu ada risiko dalam investasi, apa pun itu. “Secara umum terdapat tiga karakteristik profil risiko investor: konservatif, moderat, dan agresif,” ujar dia.

BACA JUGA:   Hindari Hoaks, Jeli Memilah Berita

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).