Mengepakkan Sayap Bisnis Melalui Digital Marketing

Thursday, 22 July 21 Venue

Digital marketing di Indonesia sudah berjalan sangat luas. Kini, media yang digunakan dalam digital marketing bukan lagi menggunakan cara-cara “tradisional” yang biasanya menggunakan media seperti billboard, banner, flyer, atau koran.

“Para pengusaha pun sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform yang digunakan dalam digital marketing,” ujar Ade Aulia Rahma, Model, MC, & Public Relation, dalam Webinar Literasi Digital Nasional 2021 untuk wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (21/7/2021).

Secara umum, kata Ade, digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet yang dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran serta berbagai platform media digital yang memudahkan konsumen untuk saling berkomunikasi secara online.

BACA JUGA:   Bahaya Data Pribadi Menyebar

Menurutnya, saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan digital marketing untuk melakukan promosi terhadap bisnis yang sedang dijalani. Pengguna banyak yang melakukan transaksi jual beli melalui platform digital, seperti media sosial, website, email marketing, video marketing, dll. “Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam kehidupan masa kini, membuat setiap bisnis membutuhkan digital marketing.”

Digital marketing,lanjut Ade, memiliki peran besar terhadap kemajuan usaha, karena mampu mendapat target market yang diinginkan, membantu menaikan pendapatan. Bahkan dengan digital marketing bisa mendapat Return on Investment (ROI/tingkat pengembalian investasi) yang lebih baik.

BACA JUGA:   Hindari Saling Menjatuhkan di Media Sosial

“Selain itu kita bisa menghemat anggaran. Karena tidak menggunakan cara konvensional (door-to-door marketing, mengirim pamphlet, dll,” ujarnya. Menerapkan dan memaksimalkan startegi digital marketing dapat dilakukan dengan cara seperti online campaign, advertisement & collaboration, dan Search Engine Optimization (SEO) atau Search Engine Marketing (SEM).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Ragam Pekerjaaan Yang Diincar di Dunia Digital

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).