Peluang Menghasilkan Uang Dari Instagram

Thursday, 25 November 21 Venue

Platform digital semakin beragam, salah satunya Instagram sebagai platform berbagi foto dan video. Namun, di samping itu, Instagram menyediakan berbagai peluang bagi kita untuk menghasilkan uang.

Instagram adalah lapak berjualan tanpa toko, tetapi kita tetap butuh strategi dalam berjualan di platform tersebut,” kata Ferdiansyah Alifurrahman sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (23/11/2021).

Pertama, kata Ferdi, menentukan target pasar. Caranya dengan mengetahui produk apa saja yang sedang diminati dan dibutuhkan bahkan untuk jangka panjang. “Target pasar ini penting kita lakukan agar bisa menentukan metode promosi,” kata dia.

Kedua, lanjut Ferdi, buat akun khusus bisnis. Dengan demikian, usaha lebih mudah dikelola dan dicari oleh pembeli. Jangan menggunakan Instagram pribadi sebagai akun jualan. “Menjalankan akun bisnis harus komitmen dengan rajin posting dan promosi, sehingga followers dan pembeli bisa berdatangan,” ujar Ferdi.

BACA JUGA:   Tips Melindungi Anak dari Paparan Pornografi

Ketiga, buat konten yang menarik. Konten ini bisa berbentuk foto atau video produk. Ini perlu diperhatikan agar visual dari produknya mampu memikat pembeli. Keempat, memiliki banyak followers. Seperti yang telah disebutkan, akun jualan itu butuh followers agar bisa menarik kepercayaan pembeli lainnya.

“Namun, perlu diperhatikan kita tidak boleh menggunakan cara curang seperti membeli followers,” kata Ferdi. Menurut dia, followers bisa ditingkatkan secara bertahap dengan membuat konten yang menarik. Kelima, gunakan hashtag yang tepat agar postingan kita banyak dilihat orang. Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan hashtag ini harus sesuai dengan apa yang kita jual.

BACA JUGA:   Tak Perlu Takut Memperkenalkan Teknologi Kepada Anak

“Diskon dan promo juga perlu diperhatikan. Dari situ akan ada pembeli yang tertarik dan jadi menambah traffic karena orang-orang senang dengan diskon atau promo. Tetapi jangan merusak harga pasar, sesuaikan standarnya seperti apa,” ujar dia.

Ferdi mengatakan, sebagai penjual, kita juga perlu menjaga kepercayaan pembeli. “Berikan pelayanan dan produk terbaik. Jangan sampai pembeli kecewa dengan barang yang datang dari toko kita.”

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   10 Etika Berinteraksi Di Dunia Maya

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills)