Ragam Metode Pembayaran Online

Friday, 27 August 21 Venue
Kartu kredit

Tingginya tingkat transaksi online mendorong munculnya beragam sistem pembayaran online. Menurut  Jatmiko Fitri Hamzah, IT Professional & Relawan TIK, untuk mendukung kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi belanja, menggunakan pembayaran melalui kartu kredit kerap dijadikan pilihan.

“Namun produk keuangan yang satu ini tentu tidak dimiliki oleh semua orang, sehingga alternatif jalur pembayaran lainnya perlu dijadikan sebagai pertimbangan,” kata dia dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, masih banyak metode pembayaran online lainnya yang juga digunakan dan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Internet Banking

Internet banking adalah salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan saat belanja online. Internet banking sebuah layanan online dari perbankan yang dioperasikan menggunakan teknologi internet dengan tujuan mempermudah nasabah.

  • Kartu Kredit
BACA JUGA:   Cakap Digital Agar Tak Terjerat Utang

Kartu kredit juga masih menjadi salah satu metode pembayaran online terbaik yang banyak disukai banyak orang. Dengan kartu kredit, lebih mudah belanja apa saja dengan jangkauan yang lebih luas, baik di dalam negeri atau di luar negeri. Selain itu, belanja dengan kartu kredit, tidak perlu langsung membayar tagihan belanjaan di waktu yang sama.

  • Online Kredit

Online kredit adalah sebuah sistem pembayaran kredit dari produk Fintech. Ada banyak jenis online kredit dengan kelebihannya masing-masing. Hadirnya online kredit didasari karena adanya kebutuhan akan pembayaran cicilan di e-commerce, karena tidak semua orang bisa bayar secara tunai dan mendapatkan kartu kredit. Jenis online kredit yang sering digunakan antara lain Akulaku, Kredivo, dan Indodana.

  • Virtual Account

Virtual Account adalah sebuah rekening buatan yang tidak benar-benar nyata atau virtual. Biasanya dalam akun ini terdapat ID pelanggan yang dibuat Bank. Pembuatan account ini bisa dilakukan sesuai permintaan perusahaan. Dengan adanya virtual account, pembeli tak lagi perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Anda hanya perlu membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke nomor virtual account milik Anda. Pembayaran transaksi melalui virtual account dianggap lebih cepat dan praktis. Transaksi Anda juga bisa lebih mudah, karena masing-masing user akan mendapatkan satu nomor ID VA yang unik sesuai dengan jumlah nominal selama transaksi.

  • E-Money

Bisa dibilang e-money saat ini menjadi salah satu alat pembayaran online yang banyak diminati masyarakat. Hadirnya e-money memudahkan segala jenis transaksi belanja online (terbatas hanya di beberapa merchant yang bekerja sama). Beberapa e-money yang banyak dikenal seperti OVO, Linkaja, ShopePay QRIS, Rekening Ponsel, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:   Pengguna Melonjak, Pahami Kelebihan dan Risiko Dompet Digital

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).