Ragam Tips untuk Konten Kreator

Thursday, 29 July 21 Venue
Canon EOS C70

Di era modern ini, banyak orang ingin menjadi Konten Kreator yang andal. Profesi yang kini diminati itu, memunculkan Konten Kreator andal di Indonesia yang mampu memproduksi konten video, tulisan, maupun gambar dengan banyak audiens.

“Perjuangan menjadi Konten Kreator tidaklah mudah. Selain harus memiliki mental kuat, diperlukan pula stok ide dan pemikiran kreatif yang bisa bertahan jangka panjang,” ujar Roofi Anggara, saat menjadi Key Opinion Leader dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (28/7/2021).

Dia mengatakan, banyak orang ingin menjadi Konten Kreator yang andal. Namun, masih banyak dari mereka yang belum memiliki ide atau kemampuan untuk membuat konten menarik. Roofi pun memberikan tips untuk para Konten Kreator yang sedang mencari ide baru atau ingin tahu bagaimana cara membangun sebuah tayangan live show yang sukses, yaitu:

  • Konten kreatif dan tidak pasaran adalah modal dasar.

Kreativitas harus jadi modal dasar setiap Konten Kreator. Konten tidak harus selalu baru, tetapi harus punya satu ciri khas yang bikin tampilanmu beda dari para Konten Kreator lain. Untuk dapat menarik antusiasme penonton, seorang Konten Kreator dituntut harus rajin riset, selalu mengupdate diri dengan tren terbaru, dan tak kalah penting memanfaatkan momen untuk menampilkan konten yang fresh. Misalnya, manfaatkan momentum hari besar. Konsep live show yang menghadirkan garage sale baju atau barang preloved untuk kegiatan amal bisa dijadikan konten menarik sehingga tidak hanya menghibur tetapi juga mengajak penonton untuk berbagi. 

  • Libatkan penonton dan jadikan mereka bagian penting dari live show.
BACA JUGA:   Keuntungan Menggunakan Jasa Key Opinion Leader

Di tengah keterbatasan ruang gerak selama pandemi, penonton sudah beradaptasi dalam menikmati ragam hiburan secara virtual. Namun, melibatkan penonton dan membuat mereka menjadi bagian penting dari live show akan semakin menambah keseruan menonton sekaligus merangkul potensi penonton setia. 

  • Asah terus kemampuan untuk bawain acara live.

Keseruan acara live dengan interaksi aktif secara realtime dengan penonton membutuhkan skill host yang mumpuni. Konten Kreator yang juga bertindak sebagai host dituntut untuk terus mengasah kemampuan dalam membawakan acara serta sanggup melakukan banyak improvisasi. Jika masih belum percaya diri membawakan live show di platform streaming, jangan khawatir, banyak artis terkenal yang memulai langkah pertamanya dengan mengalami banyak kekonyolan.

  • Terapkan jadwal tetap untuk jam streaming konten.
BACA JUGA:   Mengubah Dunia Digital Menjadi Panggung Budaya

Jangan pernah minder jika penonton acara live show kamu masih terbilang sedikit. Untuk sukses mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan penonton memang memerlukan waktu yang enggak sebentar. Tapi, dari pengamatan lewat sejumlah Konten Kreator dan tayangan live show yang berjalan, konsistensi dalam menetapkan jadwal jam streaming konten adalah kunci penting untuk menambah jumlah penonton setia. Namun, setelah ia mulai disiplin mengatur jadwal streamingnya, belajar mencari tahu apa yang disukai oleh penonton, serta menunjukkan kejujuran dalam bermusik di setiap penampilannya, secara bertahap jumlah penikmat musiknya pun bertambah.

BACA JUGA:   Ragam Alasan Pelaku Bullying

“Konten Kreator itu menurut saya hampir sama seperti art maker yang memerlukan ruang untuk berekspresi dan mengaktualisasikan diri,” ujar Roofi.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).