Tetap Kreatif Selama Pandemi

Thursday, 29 July 21 Venue

Pandemi covid-19 telah memengaruhi produktivitas dan kesehatan mental banyak orang. Adanya aturan pembatasan membuat sebagian orang memilih mencari pelipur lara melalui dunia maya, mengisinya dengan konten-konten kreatif untuk membebaskan diri dari kebosanan dan ketakutan.

“Dari itu banyak pula yang menjadi terinspirasi, mendapat informasi, serta merasa terhibur oleh konten kreatif dari orang-orang di seluruh dunia,” kata Anik Indrawati, Bendahara Relawan TIK Kabupaten Tulungagung & Owner LKP Indra Komputer, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (28/7/2021).

Menurut dia, bagi sebagian orang, pembatasan aktivitas justru bisa membuat mereka lebih kreatif dan mengembangkan diri agar kesehatan tubuh dan mental tetap terjaga. Dia pun memberikan bberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap kreatif dan beraktivitas selama pandemic, di antaranya:

  • Bereksperimen.               
BACA JUGA:   Investasi Menguntungkan di Saat Pandemi

Bereksperimen adalah bagian utama untuk membuat sebuah materi. Gunakan bahan-bahan murah dan barang-barang rumah tangga untuk membebaskan pikiran.

  • Penelitian.

Ambil buku-buku yang berada di rak ‘Untuk Nanti’, dan dengarkan podcast dari penulis dan intelektual. Gali lebih jauh subjek dan masalah yang bisa mendorong Anda untuk merespons.

  • Improvisasi.

Jika tidak memiliki akses ke alat dan peralatan yang akan digunakan, jangan biarkan hal itu menghentikan Anda. Berimprovisasilah dengan serangkaian sumber daya baru yang dapat menghasilkan pekerjaan baru.

  • Berkontribusi.
BACA JUGA:   Jangan Main Asal Lapor Menggunakan UU ITE

Banyak kegiatan atau kompetisi berhadiah yang ditawarkan di luar sana, jangan ragu untuk mengikutinya jika merasa mampu. Anda tidak akan rugi mengirimkan karya untuk kesempatan mendapatkan pengetahuan baru dan hadiah.

  • Meningkatkan ketrampilan.

Dapatkan keterampilan baru untuk memperkuat hal yang akan dilakukan. Dunia virtual akan menjadi penghasil pendapatan penting bagi mereka yang menjual dan mengajar di bidang seni.

  • Buat rencana

Meskipun tidak yakin kapan kondisi kembali ke ‘normal’, tetapi bersiaplah untuk masa depan. Berkomitmen pada sasaran, perbaiki portofolio Anda, dan susun rencana untuk memasarkan diri.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Kartu ATM Tertelan, Jangan Panik dan Lakukan Hal Ini

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).