Tips Aman Berinvestasi Secara Online

Saturday, 19 June 21 Venue

Perkembangan teknologi sudah mengubah cara kita dalam menjalani hidup dari yang dulunya tradisional menjadi lebih modern. Perkembangan teknologi mengubah berbagai aspek, termasuk cara untuk berinvestasi.

Investasi saat ini sudah memasuki era digital. Maka dari itu investor perlu mengimbangi kondisi tersebut dengan literasi keuangan yang cukup. Hal ini penting untuk mewujudkan potensi keuntungan dan mengurangi potensi kerugian.

“Investasi yang dulunya dilakukan melalui sekuritas tertentu atau dengan bantuan broker, kini sudah bisa dilakukan secara online menggunakan gadget. Anda dapat berinvestasi cukup dengan mengakses website penyedia. Dengan investasi online kalian dapat selalu mengakses portofolio investasi dengan mudah dan cepat,” kata Darun Naim, S.Pd., Guru SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (15/06/2021).

Darum mengatakan, inovasi investasi di pasar modal Indonesia telah sampai pada titik transaksi saham dan reksadana sudah 100 persen online dan berbasis aplikasi.

BACA JUGA:   Praktisi IT: Jejak Digital Itu Kejam

“Investasi saham dan reksadana kini sudah serba online, mulai dari pembukaan rekening efek hingga transaksi jual beli,” ujarnya.

Menurut Darum, investasi yang kini bisa dinikmati dengan mudah secara daring, terutama pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentu perlu ekstra kewaspadaan dari pengguna (investor).

“Semakin berkembangnya teknologi, tentu menuntut pengguna untuk semakin smart dalam memilah, memilih, dan menggunakan platform online untuk investasi saham dan reksadana yang sudah sangat marak,” jelas dia.

Supaya keuntungan dari investasi online bisa dinikmati, berikut tips mengenai investasi online yang perlu diperhatikan.

Memilih investasi online yang tepat

Investasi online hadir dalam berbagai jenis pilihan, di antaranya investasi saham, reksadana, emas, valuta asing, hingga pendanaan UMKM atau yang dikenal sebagai P2P (peer-to-peer) lending. Mekanisme dari investasi ini berbeda, begitu juga dengan tingkat keuntungan yang didapat dan risiko yang ditanggung. Kenali jenis investasi online dengan baik agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

BACA JUGA:   Menerapkan Budaya dalam Ekonomi Digital

Menilai kredibilitas broker

Investasi online tentu saja juga difasilitasi oleh broker. Karena tidak bertatap muka, penting bagi untuk mengetahui calon broker yang akan mengelola dana investasi. Pastikan broker tersebut memiliki pengalaman di bidang pengelolaan dana investor dan memiliki latar belakang kredibel.

Memahami skema investasi online

Broker yang kredibel dapat dipastikan memiliki skema investasi yang jelas bagi investornya. Skema ini dapat dijadikan sebagai gambaran mengenai metode pengelolaan dana. Skema investasi diharapkan membuat para investor mampu menilai apakah investasi tersebut layak diikuti atau tidak. Hindari investasi dengan skema Ponzi yang merupakan salah satu bentuk investasi bodong. Jadilah investor yang bijak.

BACA JUGA:   Ruang Baru itu Bernama Ruang Digital

Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).