AirAsia Indonesia Tutup Semua Penerbangan

Monday, 30 March 20 Bonita Ningsih
AirAsia Indonesia

Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia dengan kode penerbangan QZ berinisiatif akan menghentikan sementara seluruh layanannya di udara. Penghentian sementara ini akan dilakukan mulai 1 April 2020.

Kebijakan ini dilakukan manajemen AirAsia Indonesia atas dasar pertimbangan penyebaran virus corona atau COVID-19 yang semakin masif setiap harinya. Oleh karenanya, diharapkan dengan memberhentikan sementara penerbangan QZ dapat memperkecil penyebaran COVID-19.

Selain itu, melalui rilis yang disampaikan manajemen AirAsia Indonesia, kebijakan ini dilakukan sebagai bentuk dukungannya terhadap pemerintah dalam upaya mengatasi penyebaran virus COVID-19. AirAsia Indonesia akan menutup semua rute mulai dari domestik hingga rute internasional dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Untuk penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara hingga 21 April 2020, sedangkan untuk rute internasional dihentikan sementara hingga 17 Mei 2020.

Permintaan maaf secara tertulis juga sudah dilakukan AirAsia Indonesia kepada seluruh pelanggan setianya. Bahkan, AirAsia Indonesia telah menawarkan kebijakan ubah jadwal tanpa biaya tambahan atau kredit berupa saldo senilai harga pembelian tiket. Saldo ini dapat digunakan untuk pembelian tiket berikutnya selama 365 hari mendatang.

Sementara itu, bagi pelanggan yang melakukan pemesanan melalui layanan group booking, agen perjalanan, atau pihak ketiga lainnya, AirAsia menyarankan untuk menghubungi pihak terkait. Pihak ketiga tersebut akan memberikan bantuan lebih lanjut terkait prosedur pengembalian tiket yang telah dibeli.

Namun, bagi calon penumpang yang memiliki kebutuhan mendesak untuk melakukan perjalanan, AirAsia Indonesia menyarankan untuk segera mengubah jadwalnya keberangkatannya. AirAsia Indonesia memberikan dispensasi jadwal keberangkatan sebelum tanggal 1 April 2020.

Dalam hal ini, semua informasi terkait jadwal keberangkatan atau layanan kompensasi yang ditawarkan, dapat dilihat di website resmi support.airasia.com. Calon penumpang juga disarankan untuk memantau seluruh informasi terkini di akun sosial media AirAsia dalam waktu ke waktu.

Dalam rilisnya, AirAsia Indonesia juga menyebutkan akan terus memantau perkembangan situasi terkini dari wabah COVID-19. AirAsia Indonesia akan kembali dengan situasi yang sudah mulai membaik dan tetap melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus COVID-19.

Dalam kondisi seperti ini, AirAsia Indonesia tetap berkomitmen menawarkan layanan penerbangan khusus untuk repatriasi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing. AirAsia Indonesia juga akan membantu pengiriman barang bantuan ke lokasi-lokasi terdampak COVID-19 yang tengah dibatasi perjalanannya.