Antisipasi Tourism Revenge, Asosiasi Pariwisata Kolaborasi Luncurkan PARKIT

Wednesday, 22 September 21 Bonita Ningsih

Asosiasi pariwisata seperti PUTRI, IHGMA DKI, PHRI DKI, JHA, JTF, ASTINDO dan ASPERAPI, secara resmi meluncurkan layanan PARKIT (Pariwisata Bangkit) di The 101 Hotel Jakarta Sedayu Dharmawansa. PARKIT merupakan solusi pre booking untuk industri pariwisata dan wisata vaksin Jakarta yang kehadirannya melengkapi kinerja aplikasi PeduliLindungi.

PARKIT hadir dalam basis web yang menawarkan layanan booking sebelum masyarakat datang ke sebuah tempat wisata. Tujuannya adalah untuk menghindari kerumunan dan memberikan solusi managemen jumlah pengunjung di kawasan pariwisata. Dengan mengakses layanan ini, calon pengunjung dapat melakukan pembukuan awal saat ingin pergi ke restoran, kafe, dan tempat publik lainnya.

BACA JUGA:   Sandiaga Uno: Tak Ada Lagi Balas Dendam Pariwisata di 2024

Layanan PARKIT juga sebagai alternatif dan pelengkap sistem pre booking pada HOREKA (Hotel, Restoran, dan Kafe) serta tempat wisata lainnya. Selain untuk menjawab kebutuhan industri pariwisata agar dapat kembali berjalan, PARKIT, juga dapat membantu antisipasi lonjakan baru atas Tourism Revenge di situasi saat ini.

Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenpakeraf, mengapresiasi solusi kreatif PARKIT yang dipersembahkan oleh para asosiasi terkait. Menurutnya, PARKIT, dapat dijadikan sebuah sistem untuk memantau, tracking, dan tracing dalam berbagai kegiatan pariwisata agar tidak menimbulkan kluster baru di dalamnya.

BACA JUGA:   Ajang Travel Mart di ASTINDO Travel Fair 2018

“Peluncuran ini merupakan sebuah jawaban dari arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar para komunitas, asosiasi, dan  stakeholder bersama-sama melakukan KolaborAKSI. Menciptakan banyak inovasi agar pariwisata kita bisa bergerak kembali,” ujar Kiki begitu sapaan akrabnya.

Tak hanya pemerintah pusat, dukungan serupa juga diberikan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Gumilar Ekalaya selaku Plt Kadisparekraf DKI Jakarta. Gumilar mengatakan bahwa kehadiran PARKIT diharapkan dapat membantu pembukaan kembali tempat wisata di Jakarta yang saat ini sedang berada di masa uji coba.

BACA JUGA:   Plataran Indonesia Perkuat UMKM Melalui Plataran Weekend Flowers Market

“Kami sangat dukung keberadaan layanan ini karena saat ini Jakarta sedang dalam masa uji coba pembukaan kembali Horeka. Semua yang kami lakukan ini berdasarkan ketentuan dan arahan dari pemerintah pusat,” ucap Gumilar.