Beragam Sajian Bunsik, Makanan Favorit dari Korea

Thursday, 29 April 21 Bonita Ningsih
makanan korea

Kuliner khas Korea Selatan sedang berkembang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Salah satu jenis kuliner yang sudah terkenal adalah Bunsik, yang memiliki arti secara harfiah berupa makanan terbuat dari tepung.

Bunsik dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, pedagang kaki lima, tempat wisata, dan juga kawasan perbelanjaan di Korea. Banyak olahan bunsik yang sudah terkenal dan disukai oleh masyarakat Korea dan juga wisatawan asing.

Untuk memudahkan masyarakat dalam memilih hidangan bunsik, Korea Tourism Organization (KTO) akan memberikan informasi terkait hidangan bunsik. Beberapa di antaranya juga telah menjadi jajanan terkini dari Indonesia.

Gimbap

Nama lainnya adalah nasi gulung. Makanan ini terbuat dari nasi yang dibumbui dengan cuka, gula, dan juga garam. Olahan nasi diisi dengan potongan telur, eomuk, wortel, bayam, dan acar lobak.

BACA JUGA:   Arief Yahya: Masa Depan Kuliner Indonesia Sangat Bagus

Setelah semuanya menyatu, gulung nasi beserta isiannya menjadi bentuk silinder. Kemudian, gulungan tersebut dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan dapat disajikan untuk bekal piknik.

Buchimgae atau Jeon

Hidangan ini merupakan campuran dari daging, seafood, sayur-mayur, telur, dan adonan tepung yang ditumis dengan minyak. Jeon yang dikombinasikan dengan makgeolli (anggur beras Korea) akan menghasilkan makanan favorit orang Korea saat turun hujan.

Tteokbokki

Menjadi salah satu kudapan yang paling umum dijual oleh pedagang kaki lima. Makanan ini terbuat dari kue beras, eomuk, dan sayuran yang dimasak dengan kuah cabai merah. Beragam tteokbokki fusion juga bisa ditemukan, seperti tteokbokki yang dibuat menggunakan jjajang (saus kacang hitam) atau dengan topping bawang putih.

Sundae

BACA JUGA:   KMTM: Upaya Korea Menjadi Destinasi Medical Tourism

Sebuah sosis tradisional yang terbuat dari lapisan usus babi diisi dengan campuran tahu, sayuran, dan glass noodle. Sundae juga bisa dibuat menggunakan cumi-cumi sebagai pengganti usus babi atau mengganti glass noodle-nya menjadi beras ketan.

Twigim

Ini merupakan istilah umum untuk gorengan yang dilapisi dengan adonan tepung dan telur. Cumi-cumi, siomay, kentang, udang, dan berbagai macam sayuran merupakan bahan utamanya. Lebih nikmati jika dicelupkan ke dalam kecap asin atau saus tteokbokki.

Hotteok

Panekuk yang kenyal biasanya diisi dengan berbagai kombinasi gula, kenari, atau kacang pinus. Namun, beberapa hotteok ada yang diisi dengan sayuran atau keju. Makanan ini menjadi salah satu jalanan populer yang banyak ditemukan saat musim dingin.

Bungeo Ppang

Sebuah adonan panekuk yang diisi dengan pasta kacang merah, krim atau keju, kemudian dipanggang. Kudapan manis ini memiliki bentuk seperti ikan mas, yang dalam bahasa Korea disebut bungeo. Bungeo Ppang juga merupakan salah satu hidangan khas pada musim dingin.

BACA JUGA:   Indonesia Merupakan Rumah Kedua bagi Korea Selatan

Hoppang

Bakpao Korea ini merupakan salah satu camilan hangat paling populer di musim dingin. Hoppang dibuat dari tepung beras yang sudah dimasak dengan berbagai isian seperti pasta kacang merah, sayuran, daging cincang, dan lainnya. Hoppang biasanya dikukus agar tetap hangat dan dijual di pinggir jalan atau toko serba ada.