Bukan Kuliner, Ini Oleh-Oleh Unik Khas Bali

Sunday, 13 June 21 Harry Purnama
garuda wisnu kencana bali

Tak hanya keindahan alamnya, Bali juga terkenal akan kebudayaan dan keseniannya. Karenanya, banyak wisatawan yang tak pernah bosan untuk berkunjung kembali ke Bali.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan, ekonomi kreatif punya pengaruh besar dalam industri pariwisata di Bali, apalagi setelah adanya program Work From Bali.

Work from Bali juga memberikan multiplier effect kepada produk-produk ekonomi kreatif dan UMKM seperti kuliner, suvenir, maupun fesyen dan juga kegiatan ekonomi rakyat lainnya hingga 70 persen,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:   Asita Sumut Harapkan Tambahan Penerbangan dari Eropa

Selain membawa cerita dan foto-foto, wisatawan yang habis berlibur dari Bali juga tak jarang yang membawa oleh-oleh khas yang bisa dikonsumsi sendiri maupun dibagikan ke rekan-rekan kerja, kerabat, hingga keluarga.

Berikut adalah tiga oleh-oleh wajib dari Bali yang wajib dibeli untuk dijadikan oleh-oleh.

Bali Home Spa

Produk-produk perawatan dan kecantikan di Bali sudah cukup terkenal dan digemari. Hal ini membuat produk-produk home spa akan menjadi oleh-oleh yang tepat untuk kaum hawa. Di Bali sendiri Bali home spa mempunyai ciri khas, varian, dan beragam jenama. Produknya pun beragam, mulai dari body scrub, body bitter, hingga body mist.

Layang-Layang Bali

BACA JUGA:   Sinergi Lintas Sektor Diperlukan untuk Mengembangkan Kawasan Kota Tua

Layang-layang Bali akan jadi suvenir khas pantai dengan beragam bentuk dan harga yang terjangkau. Bahan dan warnanya yang khas menjadikan layang-layang bisa dijadikan sebagai pajangan dan juga untuk dimainkan. Cara mendapatkannya pun tidak sulit karena penjual layang-layang Bali ini hampir selalu ada di semua toko suvenir di Bali.

Lukisan

Bali identik dengan seni dan budaya di samping alamnya yang menawan. Keduanya pun jadi sumber inspirasi bagi para seniman Bali dalam melahirkan karya-karya lukisan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:   GloBali Tourism Observatory Gelar Seabad Pariwisata Bali

Lukisan Bali menggambarkan keindahan alam dan budaya dalam sebuah kanvas sehingga cocok sebagai penambah nilai estetis di rumah. Salah satu surganya lukisan di Bali adalah Ubud, dan para wisatawan bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.