Colliers Indonesia Catat Ada Lima Hotel Baru di Jakarta Pada 2023

Tuesday, 24 January 23 Bonita Ningsih
Marriott International The St. Regis Jakarta
The St. Regis Jakarta.

Industri perhotelan di Jakarta kembali berkembang pesat seiring dengan dilonggarkannya PPKM oleh pemerintah. Berbagai kegiatan bisnis hingga MICE mulai kembali digelar secara offline sehingga menjadi angin segar bagi industri perhotelan di Jakarta.

Berdasarkan data Colliers Indonesia, bisnis hotel di Jakarta tahun 2022 mengalami peningkatan cukup signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Selain tingkat hunian, tarif rata-rata hunian dan jumlah kamar hotel di Jakarta pada 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Kinerja hotel Jakarta tahun 2022 secara keseluruhan menjadi yang paling bagus sepanjang masa pandemi. Adanya pelanggaran aturan pemerintah membuat bisnis kembali berjalan sehingga ada peningkatan kegiatan MICE di hotel,” kata Ferry Salanto, Head of Research Colliers Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, banyak investor yang mulai melanjutkan proyek pembangunan hotel di Jakarta sejak tahun 2022. Bahkan, pada tahun 2022, ada dua hotel bintang 5 yang resmi dibuka yaitu Park Hyatt dan St Regis. Kedua hotel tersebut terletak di dekat pusat bisnis Jakarta dengan jumlah kamar yang dibuka secara keseluruhan sebanyak 500 kamar.

Sementara itu, pada tahun 2023 diprediksi Colliers Indonesia akan semakin meningkat jumlah pasokan hotel di Jakarta. Berdasarkan data yang diterima, lokasi hotel baru akan didominasi di area pusat Jakarta, CBD, dan Jakarta Barat. Tak hanya kelas premium, tetapi, hotel-hotel dengan bintang 3 dan 4 juga diharapkan dapat rampung pada tahun 2023.

“Pasokan hotel bintang 3 memang telah mengalami penurunan antara tahun 2020 dan 2022. Makanya, kami berharap agar di tahun ini dan selanjutnya akan banyak hotel bintang 3 yang kembali buka di Jakarta,” ujar Ferry.

Menurutnya, penurunan tersebut terjadi lantaran hotel bintang 3 yang paling berdampak dengan adanya pandemi COVID-19. Ferry mengungkapkan sebuah fakta bahwa pada awal pandemi, hotel bintang 3 yang paling banyak kehilangan tamu dan memaksa pemilik hotel untuk menghentikan operasionalnya.

“Saat awal pandemi, hotel bintang 3 ini kalah saing dengan hotel bintang 4 dan 5. Pada akhirnya mereka kehilangan banyak tamu dan pemilik hotel terpaksa untuk menutupnya,” Ferry menambahkan.

Namun, seiring dengan semakin baiknya bisnis perhotelan membuat banyak pihak berlomba-lomba membuka hotel baru di tahun ini. Berdasarkan data yang diterima Colliers Indonesia, total ada lima hotel yang akan buka di Jakarta sepanjang tahun 2023. 

Salah satu hotel yang akan dibuka di Jakarta pada tahun 2023 merupakan bintang 3 yaitu Sam Ratulangi Menteng Boutique Hotel yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Sedangkan, untuk hotel bintang 4 yang diperkirakan dibuka pada tahun 2023 adalah Park Royal Hotel yang berlokasi di MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

Untuk hotel bintang 5, Jakarta akan memiliki tambahan tiga hotel lagi yang berada di Jakarta Pusat. Hotel pertama adalah Movenpick Jakarta Pecenongan di Jakarta Pusat, lalu ada Pan Pasific Jakarta di MH Thamrin Jakarta Pusat, serta Waldorf Astoria di lokasi yang sama.