Canon EOS R8, Kamera Kecil-Kecil Cabai Rawit

Monday, 08 May 23 Harry
Canon EOS R8

Pada 8 Mei 2023, Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia menghadirkan Canon EOS R8, sebuah kamera mirrorless full-frame dengan desain yang ringkas dan ringan. Dengan bobot sekitar 461 gram, EOS R8 merupakan kamera full-frame paling ringan saat ini dalam EOS seri R Canon.

Meskipun ringan dan kecil, Canon EOS R8 dibekali teknologi tercanggih untuk kebutuhan fotografi dan videografi, antara lain Canon Log 3, continuous shooting hingga 40 fps, sensor gambar CMOS full-frame 24,2 megapiksel dan prosesor DIGIC X, pengambilan gambar Full HD hingga 180 frame per second, Movie Digital IS, ISO hingga 102.400.

Seperti layaknya menggunakan kamera Cinema Profesional Canon, pengguna juga bisa menikmati beberapa fitur yang ada pada EOS R8, yaitu:

– Focus Breathing Correction: Fitur ini berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek.

BACA JUGA:   Piaggio Undang Para Pencinta Vespa Ke Diler Untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-75

– False Colours and Zebras: Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi yang sulit.

– Aspect Marker Display: Fitur ini berfungsi untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya.

– UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class): Fitur ini berfungsi untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB; ideal untuk live streaming.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Multi-Function Shoe dan tampilan digital interface yang menghadirkan pengaturan digital tanpa kabel dengan aksesori yang kompatibel, seperti mikrofon eksternal. Untuk pengoperasian, tersedia juga LCD layar sentuh vari-angle berukuran 3,0 inci dan memiliki 1,62 juta titik. Layar ini dapat digunakan untuk pemilihan titik AF, AF sentuh, rana sentuh, pemilihan menu, kontrol cepat, pembesaran, dan lainnya. EOS R8 dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect.

BACA JUGA:   Epson Luncurkan Jajaran Printer Direct-to-Garment Terbaru dengan Desain Ringkas

“Kamera dengan ukuran sensor yang besar terkadang membuat bodi kamera menjadi tidak ringkas. Namun, dengan EOS R8, para profesional dapat memanfaatkan kualitas full-frame dengan perangkat kamera yang ringkas dan ringan, memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari,” ujar Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Monica menambahkan, kamera mirrorless akan menjadi tren ke depannya. Karenanya, Canon akan terus mempertahankan kamera tipe ini, dan justru akan terus mengembangkan teknologinya.

Saat ini seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System telah bergaransi 2 tahun. “Produk yang baik tidak hanya dilihat dari teknologi yang digunakannya, tapi juga dari after sales service-nya yang luar biasa agar penggunanya juga merasa nyaman,” ujar Monica.

BACA JUGA:   Seoul Convention Bureau Siapkan Program Menarik Oktober Mendatang

PT Datascrip menjual kamera mirrorless Canon EOS R8 dengan harga:

Canon EOS R8 Bodi: Rp31.299.000

Canon EOS R8 RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp 35.799.000

Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp5.499.000

Pada tanggal 8 – 31 Mei 2023 PT Datascrip memberikan promo launching EOS R8 dengan harga:

Canon EOS R8 Bodi: Rp25.999.000

Canon EOS R8 + Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp29.999.000

Setiap pembelian EOS R8 bodi only/EOS R8 + lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM akan mendapatkan ekstra baterai LP-E17.