Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta yang Baru

Wednesday, 08 January 20 Herry Drajat
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengangkat Cucu Ahmad Kurnia ST, M.Si, M.BA., sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta yang baru pada 8 Januari 2020 di Balai Agung, Jakarta.

Cucu yang sebelumnya menduduki Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu dilantik bersamaan dengan pejabat lainnya dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Serta Pengukuhan Pimpinan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Dan Pengukuhan Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta.

Ditemui usai pelantikan, Cucu mengatakan, program jangka pendek yang akan dilakukannya adalah melaksanakan program kegiatan strategis daerah, dan janji-janji gubernur akan menjadi fokus utama.

“Kami akan fokus pada sektor MICE dan wisata Kepulauan Seribu. Formula E sudah pasti akan dilaksanakan karena merupakan salah satu KSD (Kegiatan Strategis Daerah),” ujar Cucu.

Lebih lanjut Cucu akan mengembangkan industri MICE Jakarta dengan lebih banyak membuat event, seperti pameran berskala internasional. “Sport event termasuk salah satunya. Rencana kami mau bikin renang maraton di laut melintasi Kepulauan Seribu,” ujar Cucu.

Sementara untuk meningkatkan kedatangan turis mancanegara, Pemprov Jakarta akan lebih fokus pada market dan produk agar bisa meraih wisatawan dari market potensial, terutama dari negara-negara ASEAN dan kawasan Timur Tengah.

“Kami akan ajak teman-teman swasta, asosiasi, dan pemangku kepentingan lainnya untuk ikut memikirkan peningkatan kedatangan turis mancanegara, untuk itu harus dilakukan kolaborasi,” tegasnya.