Daftar Hotel yang Akan Dibuka Pada 2023 di Jakarta dan Bali

Friday, 14 April 23 Bonita Ningsih
Sari Pacific Jakarta

Colliers Indonesia belum lama ini memaparkan kinerja hotel yang ada di Jakarta dan Bali pada kuartal pertama 2023 (Q1 2023). Berdasarkan data yang dikeluarkan Colliers Indonesia, bisnis hotel di Jakarta dan Bali semakin membaik seiring dengan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah pada akhir tahun 2022 silam.

“Ketika interaksi sosial sudah berjalan dengan normal, sudah dapat dipastikan industri yang berhubungan dengan banyak orang seperti hotel akan tumbuh semakin baik,” kata Ferry Salanto, Head of Research Colliers Indonesia, dalam Colliers Virtual Media Briefing Q1 2023, beberapa waktu lalu.

Ferry mengatakan, tingkat hunian (okupansi) hotel di kedua daerah tersebut pada Q1 2023 telah melebihi angka saat sebelum pandemi. Begitu pula dengan Average Daily Rate (ADR) yang terus mengalami peningkatan dari kondisi awal pandemi COVID-19.

BACA JUGA:   AYANA Farm, Wadah Baru Untuk Mempelajari Teknik Pertanian Berkelanjutan

“Bahkan di Bali, ADR tahun lalu sudah mulai menyamai angka sebelum pandemi dan hingga Q1 2023 ini cenderung mengalami peningkatan. Hal ini juga terjadi di Jakarta, namun, secara angka masih di bawah Bali,” jelasnya lagi.

Selain itu, Colliers Indonesia, juga membagikan nama-nama hotel baru yang akan hadir sepanjang tahun 2023 di Jakarta dan Bali. Sepanjang tahun 2023, Colliers Indonesia, memperkirakan akan ada penambahan 638 kamar baru untuk hotel di Jakarta. Sedangkan, hotel di Bali hanya menambah 63 kamar baru sepanjang tahun 2023.

“Namun, pada kuartal pertama di tahun 2023 belum ada supply kamar baru untuk hotel-hotel yang berada di Jakarta dan Bali,” ujar Nurul Yonasari, Senior Research Executive Colliers Indonesia.

BACA JUGA:   Santika Iconic Food 2023 Hadirkan Beragam Kuliner Nusantara

Colliers Indonesia telah mencatat ada lima hotel baru yang akan diluncurkan di Jakarta sepanjang tahun 2023 mulai dari bintang 3 hingga 5. Untuk hotel bintang 3 ada Sam Ratulangi Menteng Boutique Hotel yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat dengan 120 kamar di dalamnya.

Kemudian ada Park Royal sebagai hotel bintang 4 yang akan diluncurkan pada tahun 2023. Hotel yang berada di Thamrin Jakarta Pusat ini rencananya akan menghadirkan kamar sebanyak 171.

Untuk hotel bintang 5 ada Movenpick Jakarta Pecenongan, Jakarta Pusat, yang rencananya akan menghadirkan 253 kamar di dalamnya. Lalu akan ada persemian Pan Pacific Jakarta yang terletak di MH Thamrin, Jakarta Pusat, dengan 157 kamar. Terakhir ada Waldorf Astoria Luxury yang terletak di MH Thamrin dengan jumlah kamar 183.

BACA JUGA:   all seasons Jakarta Thamrin Gelar Wedding Open House di Rooftop

Sementara itu, Bali hanya akan meluncurkan satu hotel baru sepanjang tahun 2023 yaitu Artotel Suites Benoa. Hotel bintang 5 yang berlokasi di Jl. Pratama Tanjung Benoa ini rencananya akan menghadirkan 171 kamar di dalamnya.