DPD IVENDO Bali Resmi Terbentuk

Friday, 23 November 18 Harry Purnama
DPD IVENDO Bali

Industri pariwisata menjadi sektor andalan pemerintah Indonesia masa depan untuk mendatangkan kemakmuran dalam arti yang seluas-luasnya. Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018, ada tiga leading-sector yang ditetapkan, yakni pertanian, pariwisata, dan perikanan. Potensi yang strategis ini harus didukung tidak hanya dari aspek SDM yang memadai, tapi juga melalui bentuk-bentuk penyelenggaraan acara yang dikelola secara profesional dan berskala international.

Sepanjang dua dekade terakhir usaha jasa penyelenggara acara (special event) tumbuh kian pesat dan tersebar hampir di seluruh Indonesia. Demi pengembangan dan pembangunan industri ini di kemudian hari, hadirnya wadah yang dapat mempersatukan para pelaku usaha jasa penyelenggara acara dirasakan mendesak.

IVENDO, yang terbentuk pada 8 Agustus 2018, secara resmi mendeklarasikan hadirnya wadah para pelaku industri event dan siap bekerja untuk turut serta membangun industri pariwisata Indonesia. IVENDO memiliki tiga program kerja utama, yakni melakukan sosialisasi ke para pemangku-kepentingan industri pariwisata di seluruh Tanah Air, termasuk mengajak para pengusaha dan pekerja event untuk bergabung dalam IVENDO, mendorong lahirnya regulasi baru yang mendorong industri event untuk dapat diterima dalam arti seluas-luasnya di masyarakat dan disejajarkan dengan industri kreatif lainnya, dan membangun pemerataan kapasitas dan kapabilitas penggiat industri event di seluruh Indonesia melalui standardisasi kompetensi dan program pelatihan yang merata dan berkesinambungan.

Untuk merealisasikan program kerja di atas, DPP IVENDO mulai giat mengembangkan sayapnya ke daerah-daerah. DPD IVENDO Jawa Timur dibentuk pada Agustus 2018, dan menyusul DPD IVENDO Bali pada 22 November 2018 dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum IVENDO Mulkan Kamaludin.

Mulkan berharap tim DPD IVENDO Provinsi Bali yang baru dilantik untuk segera berkonsolidasi dengan stakeholder pariwisata di Bali dan menunjukkan kepada khalayak bahwa reputasi IVENDO dibangun dengan prestasi, bermodal kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

Grace Jeanie AW, Ketua DPD IVENDO Provinsi Bali, mengatakan, “Dengan adanya IVENDO ini semoga menjadi wadah positif bagi kawan-kawan EO serta pekerja event lainnya di Bali. Terima kasih kepada kawan-kawan, senior, dan para suhu yang telah berinisiatif membentuk IVENDO.”

IVENDO merupakan organisasi yang bersifat nirlaba, dikelola secara mandiri, independen, dan profesional tanpa meninggalkan unsur-unsur sosial dan kemasyarakatan. Sebagai fondasi, IVENDO bergerak dengan asas kekeluargaan, persatuan, dan kesatuan.