Epson Indonesia Melirik Bisnis Percetakan Tekstil

Friday, 22 March 19   46 Views   0 Comments   Bonita Ningsih
Epson Indonesia

Salah satu perusahaan yang memproduksi printer, PT Epson Indonesia, kini mulai melirik bisnis di bidang tekstil. Epson Indonesia akan menggabungkan teknologi printer dengan tekstil yang disebut sebagai digital tekstil printing.

Riswin Li, Marketing Division Head PT Epson Indonesia, mengatakan, digital tekstil printing ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sayap PT Epson Indonesia di industri printer. Apalagi, saat ini produksi printer di PT Epson Indonesia menjadi produksi nomor satu di perusahaannya dengan persentase 85 persen.

“Sisanya untuk produksi proyektor dan robot yang baru dikembangkan tahun 2016 lalu,” kata Riswin.

Riswin menambahkan, produk digital tekstil printing ini dikhususkan untuk pencetakan langsung di atas kain atau bahan. Produk ini dipilih Epson lantaran di Indonesia tengah berkembang pencetakan di industri tekstil.

“Sekarang ini jersey atau hijab printing sudah sangat banyak, makanya kita ingin masuk ke situ. Pokoknya printing di atas kain seperti itu,” ujar Riswin.

Selain mengikuti perkembangan yang ada, digital tekstil printing ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan barang yang berkualitas. Pengguna juga dapat dengan mudah melakukan custom terhadap motif apa yang ia inginkan. Nantinya, motif tersebut akan dicetak di atas kain sehingga produk yang dihasilkan akan istimewa dan tidak pasaran.

“Gampang juga buat custom desain jadi volumenya enggak harus besar. Jadi, itu kelebihannya, kalau dulu kan kalau mau diubah harus dalam jumlah besar. Nah, sekarang bisa custom dengan volume yang kecil,” ujar Riswin.