Epson Luncurkan 11 Model Proyektor Terbaru Untuk Kebutuhan Bisnis

Friday, 04 December 20 Bonita Ningsih
Epson

Pada 25 November 2020 silam, Epson Indonesia meluncurkan 30 model proyektor terbaru untuk segmen pendidikan, bisnis, dan hiburan. Setiap produk dirancang dengan teknologi dan fitur khusus yang mudah digunakan bagi masyarakat selama melakukan aktivitas di rumah saja.

Zanipar Siadari, Visual Instrument & Printer Department Head PT Epson Indonesia, mengatakan, pandemi COVID-19 tak menghalangi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan di rumah saja. Misalnya saja kegiatan belajar mengajar dari rumah, bekerja dari rumah, hingga mengisi waktu luang hanya di rumah.

“Selama ini mungkin orang hanya tahu proyektor hanya dibutuhkan untuk perkantoran, padahal barang ini juga dibutuhkan untuk semua segmen. Maka dari itu, kami meluncurkan 30 proyektor sekaligus yang fokus ke tiga segmen tersebut,” ungkap Zanipar.

Pada segmen bisnis, Epson Indonesia menghadirkan 11 model untuk mendukung kegiatan work from home maupun work from office. Pada kategori Ultra Short-throw, Epson mengeluarkan empat line-up, di antaranya EB-735Fi dan EB-725Wi untuk interaktif, kemudian EB-735F dan EB-725W untuk non-interaktif.

Proyektor di kategori ini memiliki jarak tembak yang sangat dekat dan mampu menghasilkan gambar yang jernih. Untuk jenis proyektor interaktif dilengkapi dengan fitur pen interactive dan finger touch interactive. Selain itu, ada juga fitur digital whiteboard untuk memudahkan pengguna dalam menulis informasi di papan menggunakan pulpen interaktif dan juga dengan jari.

Gambar yang dihasilkan dalam tembakan proyektor juga cukup besar sehingga dapat terlihat dari berbagai sudut. Oleh karenanya, proyektor ini juga cocok digunakan saat rapat tatap muka dengan kondisi jaga jarak di dalamnya.

“Saat kondisi saat ini, perkantoran yang mengadakan rapat secara langsung harus menerapkan physical distancing antar-peserta rapat. Namun, dengan proyektor ini, peserta tidak perlu khawatir karena meskipun jaga jarak, mereka dapat bisa melihat gambar dengan baik,” ucapnya lagi.

Begitu pula saat digunakan untuk rapat virtual dengan konferensi video, proyektor ini tepat digunakan karena menghasilkan gambar proyeksi besar, memiliki fitur multi-location, dan juga interactive tools sehingga memberikan suasana rapat yang interaktif dan kolaboratif. Melalui proyektor ini, materi rapat juga dapat langsung di kirim melalui email atau disimpan ke memori USB.

Selanjutnya, pada kategori Short Throw, Epson meluncurkan dua model, yakni EB-L200SX dan EB-L200SW. Sama seperti sebelumnya, proyektor ini memiliki jarak tembak yang dekat dan mampu menghasilkan gambar yang besar. Proyektor ini memiliki tingkat kecerahan 3.600 lm untuk L200SX dan 3.800 lm untuk L200SW sehingga mampu menghasilkan gambar proyeksi yang besar dan cerah.

Proyektor tipe ini lebih dibutuhkan untuk rapat di ruangan kecil karena mampu berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Dilengkapi berbagai koneksi yang lengkap seperti VGA, dua buah HDMI, USB, dan juga network membuat proyektor ini mudah dihubungkan dengan berbagai perangkat rapat.

“Model ini juga dilengkapi dengan pengeras suara 16-watt sehingga peserta rapat tidak perlu lagi menambahkan speaker tambahan saat presentasi video,” ujar Zanipar.

Pada kategori Standard Throw, Epson meluncurkan tiga model sekaligus, yakni EB-L200X, EB-L200W, dan juga EB-L200F. Kategori ini memiliki tingkat kecerahan 4200 lumens dan 4500 lumens, serta rentang resolusi XGA, WXGA dan Full HD. Proyektor ini sangat cocok digunakan untuk ruangan rapat besar di lingkungan perkantoran.

Seluruh kategori di atas menggunakan sumber cahaya laser dengan usia hingga 20.000 jam sehingga pengguna dapat menghemat dalam penggantian lampu. Dengan mengandalkan teknologi 3 LCD, jajaran proyektor ini mampu menghasilkan gambar yang cerah dan tajam saat mengeluarkan materi presentasi di laptop. Gambar proyeksi juga dapat dengan mudah diatur menggunakan fitur Auto Vertical Keystone dan Horizontal Keystone Slider.

Dengan konektivitas wireless dan miracast, pengguna dapat melakukan presentasi dengan menggunakan koneksi nirkabel dari iProjection. Dapat juga menampilkan halaman perangkat cerdas dengan memanfaatkan fitur Miracast tanpa membutuhkan perangkat lunak tambahan. Teknologi tersebut dapat memudahkan pengguna pada saat hendak memulai atau mengakhiri rapat.

“Melalui jajaran proyektor bisnis baru ini, Epson menetapkan tolok ukur baru bagi kebutuhan bisnis sehingga semakin memperkuat posisi kepemimpinannya di pasar proyektor. Kami sangat antusias dan bangga dengan peluncuran rangkaian produk ini,” katanya lagi.