Indonesia Menjadi Penyumbang Turis Terbesar Bagi Singapura

Tuesday, 05 March 24 Harry
Anya Geraldine - Made in Singapore 3D Animatronic

Sepanjang tahun 2023, Indonesia telah menjadi penyumbang turis terbesar bagi Singapura, yakni 2,3 juta wisman dengan pengeluaran sebesar S$2,1 miliar. Jumlah tersebut diikuti oleh China dengan 1,4 juta turis dan Malaysia dengan 1,1 juta wisatawan.

Secara total, pada 2023 Singapura menyambut 13,6 juta wisman dengan pendapatan pariwisata sekitar S$24,5 miliar-S$26 miliar. Pencapaian tersebut melampaui target awal Singapura sebesar 12-14 juta wisman dan pendapatan sebesar S$18 miliar-S$21 miliar.

Kwok Fook Seng, Duta Besar Singapura untuk Indonesia, menyampaikan, selain Indonesia menjadi penyumbang turis terbesar bagi Singapura, ternyata Singapura juga menjadi penyumbang turis nomor 3 bagi Indonesia dengan 1.414.447 wisman.

BACA JUGA:   Indonesia Peringkat Keempat di Asia Tenggara dalam Hal Jumlah Kunjungan Wisman

“Pertukaran ini menandakan hubungan dan kolaborasi yang kuat di sektor pariwisata bagi kedua negara,” ujar Kwok Fook Seng.

Sementara itu, Area Director Singapore Tourism Board (STB) Indonesia Hafez Marican mengatakan, pencapaian kunjungan wisman pada 2023 telah mencapai 74 persen dari pencapaian tahun 2019.

“Pada 2024, kami optimistis bisa melebihi pencapaian tahun 2023 dan mendekati pencapaian tahun 2019,” ujar Hafez. “Pada tahun 2024 ini fokus kami adalah memperkuat pencitraan dan penguatan di kota-kota luar Jakarta.”

Adapun kota di luar Jakarta yang menjadi target Singapura adalah Surabaya, Bandung, Makassar, dan Medan. Kota-kota tersebut dipilih karena memiliki penerbangan langsung ke Singapura.

BACA JUGA:   Dorong Kunjungan Turis Indonesia, Singapura Jalin Kerja Sama dengan Traveloka

“Kecuali Bandung, tapi dari Bandung mudah ke Jakarta karena ada kereta cepat,” ujar Hafez.

Kampanye Interaktif

STB menggenjot strategi untuk menjaring lebih banyak wisatawan Indonesia datang ke Singapura. Salah satunya lewat terobosan promosi destinasi wisata lewat video animatronik yang artistik dan teknologis. Video yang ditayangkan di Bundaran HI tersebut mengajak wisatawan seolah menjelajahi tempat-tempat menarik di Singapura secara virtual, mulai dari Merlion Park, Gardens by The Bay, hingga kawasan wisata kuliner Lau Pa Sat serta area conserved shophouses di Bukit Pasoh.

Guna meningkatkan awareness wisatawan Indonesia atas pesona Singapura, STB menggandeng selebriti Indonesia Refal Hady dan Anya Geraldine. Mereka membintangi video challenge di media sosial yang mengajak netizen merasakan pengalaman seru saat berwisata ke Singapura.

BACA JUGA:   Sertifikasi untuk Meningkatkan Popularitas Destinasi Wisata Halal

Enam pemenang berkesempatan menikmati trip ke Singapura dan menjelajahi destinasi hits maupun tersembunyi di sana. Lewat kolaborasi dengan public figure idola anak muda ini, STB ingin Singapura tetap dikenang orang Indonesia sebagai destinasi urban penuh kejutan tak terduga.