IVENDO, Asosiasi Baru di Industri MICE

Monday, 09 July 18   140 Views   0 Comments   Herry Drajat
IVENDO

Bertempat di hotel D’cozy, Jakarta selatan, pada 29 Juni 2018, IVENDO (Indonesia Event Industry Council)mengadakan Focus Group Discussion yang diikuti oleh lebih dari 160 anggotanya dari bidang penyedia atau pendukung acara, mulai dari perusahaan supporting event, pekerja event, talent & performance, hingga artist & talents management. Tujuan diadakannya FGD ini adalah mencari masukan untuk pengembangan organisasi IVENDO. Selain itu, acara ini juga dimaksudkan sebagai sosialisasi tentang visi dan misi IVENDO.

IVENDO adalah wadah bagi perusahaan maupun personal penggiat industri event untuk membawa industri MICE ke jenjang yang lebih baik dan mempunyai daya saing yang tinggi. Mulkan Kamaludin, Ketua Umum IVENDO, mengatakan, “Proses pembentukan IVENDO berawal dari beberapa orang yang peduli pada perkembangan industri event. Mereka lalu mengundang komunitas event yang ada di grup WhatsApp, mulai dari komunitas EO, komunitas pekerja event, lalu komunitas lain yang berhubungan dengan event pada awal 2018.”

Hasil pertemuan tersebut adalah adanya kesepakatan untuk membuat sebuah wadah atau perkumpulan untuk perusahaan maupun personal penggiat industri MICE. Lalu, pada rapat yang dilaksanakan pada 9 Mei 2018 di Menara 165, Jakarta Selatan, yang bertema “Menuju Asosiasi Event”, yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Asperapi (Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia) dan Asita (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata), disepakati nama perkumpulan tersebut adalah IVENDO dan dipilih ketua umum untuk masa jabatan 2018-2021 adalah Mulkan Kamaludin.

Sebagai lembaga baru, IVENDO mesti bekerja keras agar tujuannya tercapai. Untuk jangka pendek, usaha yang mendesak untuk dilakukan adalah menambah jumlah anggota, pembentukan pengurus pusat dan daerah, serta menjalin kemitraan dengan pemerintah serta lembaga-lembaga lain yang membutuhkan jasa event.