Jerman Kembali Gelar Trade Fair pada September 2020

Monday, 22 June 20 Herry Drajat

Asosiasi untuk Pameran Dagang Industri Jerman (AUMA) menegaskan bahwa penyelenggaraan trade fair di Jerman akan tetap berlangsung pada bulan September. Pernyataan ini dikeluarkan oleh AUMA pada tanggal 17 Juni 2020 menyusul adanya kesepakatan negara-negara federal yang mengumumkan pelarangan penyelenggaraan acara yang bersifat massal, seperti festival jalanan dan acara-cara publik yang lain, hingga tanggal 31 Oktober 2020.

AUMA menegaskan, pelarangan tersebut tidak berlaku untuk trade fair. Selain itu, juga mengingatkan bahwa kebijakan mengenai permasalahan tersebut telah diputuskan melalui perjanjian negara-negara federal pada 6 Mei 2020.

Salah satu poin dalam perjanjian tersebut adalah menetapkan bahwa negara-negara federal memiliki wewenang secara langsung untuk memutuskan sendiri serta memberikan izin untuk penyelenggaraan trade fair, termasuk penetapan aturan physical distancing dan protokol kesehatan. Proses ini sudah berlangsung dalam banyak kasus.

Sebelumnya pada 6 Mei 2020 AUMA mengajukan tuntutan pada pemerintah untuk menjadwalkan kembali pameran dagang dalam jangka waktu dua atau tiga bulan ke depan. Jörn Holtmeier, Direktur Pelaksana AUMA, pada saat itu mengatakan, pameran dagang sangat berbeda dibanding festival atau acara olahraga. “Pameran dagang adalah sebuah platform bisnis penting untuk melakukan rebooting ekonomi secara efisien dan berkelanjutan,” jelasnya.

Pernyataan AUMA dikeluarkan menyusul laporan media setempat yang menyiratkan pameran dagang termasuk dalam kategori acara yang bersifat massal dan dilarang oleh pemerintah. Untuk menjernihkan situasi tersebut, AUMA menegaskan trade fair akan berlangsung di Jerman mulai bulan September sesuai dengan rencana yang sudah dijadwalkan.