Jakarta Tourism Forum Usulkan Enam Prioritas Pengembangan Jakarta

Monday, 22 June 20 Herry Drajat

Jakarta Tourism Forum (JTF) mengadakan diskusi dengan Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta, pada 19 Juni 2020. Dalam pertemuan tersebut, Salman Dianda Anwar selaku Ketua JTF menyampaikan gagasan pengembangan wisata DKI Jakarta agar fokus pada enam pilar, yaitu Jakarta sebagai pusat MICE dunia, Jakarta sebagai pusat sport event, Jakarta sebagai pusat industri musik dan kreatif, Jakarta sebagai pusat wisata halal dunia, Jakarta sebagai pusat lifestyle (fashion Muslim) dan budaya dunia, serta Jakarta sebagai pusat wisata kuliner dunia.

Selain dihadiri jajaran pengurus dan anggota JTF, acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua PHRI DKI Jakarta, perwakilan ASITA DKI Jakarta, Sekjen LKB, Ketua Umum Asperapi, dan perwakilan APRINDO. Sementara Ahmad Riza didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Cucu Ahmad Kurnia.

“Pengembangan destinasi wisata Jakarta mempunyai potensi yang besar untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujar Salman.

Menurut Salman, destinasi yang harus dikembangkan di antaranya adalah Kawasan Kota Tua, Ancol, wisata museum, Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah, Kepulauan Seribu, pusat wisata belanja, destinasi wisata halal, destinasi kawasan kuliner, destinasi wisata bahari, destinasi ekowisata, dan Taman Ismail Marzuki (TIM).