Kedubes Korea Membuka Korea Visa Application Center (KVAC) di Lotte Avenue

Monday, 06 May 19 0 Comments   Harry Purnama
Korea Visa Application Center

Kunjungan warga negara Indonesia ke Korea Selatan mengalami peningkatan setiap tahunnya dikarenakan minat terhadap Korean Wave yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia telah menerbitkan 157.924 visa, yang meningkat 15 persen setiap tahunnya.

Karena itu, Kementerian Luar Negeri Republik Korea, Kementerian Hukum Republik Korea, dan Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia membuka Korea Visa Application Center (KVAC) untuk mempermudah proses pengajuan visa bagi warga negara Indonesia yang ingin mengunjungi Korea Selatan.

Berlokasi di Lotte Shopping Avenue lantai 5, mulai tanggal 2 Mei 2019 Korea Visa Application Center (KVAC) akan mulai beroperasi untuk menerima aplikasi pengajuan dan pengambilan visa. Dioperasikan oleh KVAC, layanan bagi para pemohon pada saat pengajuan visa kini lebih ditingkatkan dan diharapkan dapat memberikan kenyamanan sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan warga negara Indonesia ke Korea Selatan di masa yang akan datang.

Sebelumnya, pelayanan visa dilakukan di Kedutaan Besar Republik Korea yang berada di area ganjil-genap serta memiliki lahan parkir terbatas. Kini, di Lotte Shopping Avenue telah sepenuhnya dilengkapi dengan jumlah lahan parkir yang cukup dan waktu tunggu yang lebih singkat bagi para pemohon karena penambahan jumlah loket penerimaan dan waktu pengajuan visa.

KVAC akan beroperasi dengan 12 loket penerimaan dan waktu pengajuan dimulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB (tetap menerima pengajuan saat jam makan siang, total 6 jam) dan KVAC berencana untuk memperpanjang jam operasional ini di masa yang akan datang. KVAC juga akan melayani pengambilan visa mulai dari pukul 10.00 sampai 16.00 WIB (tetap melayani pengambilan visa di jam makan siang, total 6 jam).

KVAC akan menyediakan layanan SMS sebanyak 3 kali kepada para pemohon visa (mulai dari penerimaan dokumen di KVAC, pemeriksaan dokumen oleh Kedubes, dan persiapan pengambilan visa) sehingga pemohon dapat mengetahui status permohonan visanya. KVAC akan mengoperasikan situs www.visaforkorea-in.com yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai permohonan visa dan call center yang akan disediakan untuk dapat memberikan sarana konsultasi langsung seputar informasi terkait visa dengan para staf yang berpengalaman.

KVAC akan memberikan ruang kerja khusus bagi para Travel Agent besar untuk meminimalisasi waktu tunggu dan juga menyediakan informasi seputar wisata Korea Selatan kepada para pemohon visa yang akan mengunjungi Korea Selatan sebagai bagian dari kerja sama dengan Korea Tourism Organization dan Korea Cultural Center. KVAC juga menyediakan layanan tambahan berupa Photo Booth, foto kopi, dan lain sebagainya. Biaya administrasi untuk aplikasi visa yang berlaku di KVAC adalah Rp196.000.

Kehadiran KVAC merupakan bagian dari usaha Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia (Duta Besar H.E Kim Changbeom) untuk meningkatkan sistem visa sehingga warga negara Indonesia dapat mengunjungi Korea Selatan secara lebih efektif lagi. Melalui peningkatan sistem visa ini diharapkan akan terjadi pertukaran manusia dan budaya dengan Indonesia yang lebih aktif yang mana Indonesia adalah negara kunci kebijakan menuju New Southern Policy.

Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia juga sedang mengusahakan untuk menyederhanakan penerbitan visa sehingga para pemohon dapat mengajukan permohonan visanya secara lebih nyaman di masa yang akan datang.