Kemenpar Garap Pasar Wisatawan India

Thursday, 01 March 18   20 Views   0 Comments   Johana Novianti Hestriana

Kementerian Pariwisata berkomitmen terus menggarap potensi wisatawan asal India. Langkah nyatanya dengan mengadakan kegiatan Sales Mission Greater Bali in India. Acara yang berlangsung pada Senin, 26 Februari 2018 ini diadakan di The Park Hotel Kolkata. Sebanyak 18 seller dan 125 buyer yang terdiri dari agen dan operator perjalanan ikut ambil bagian.

“India memang pasar yang penting bagi Indonesia. Kami sangat gembira karena respons masyarakat India, khususnya di Kolkata, sangat bagus,” ungkap Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana.

Kegiatan ini menjadi ajang pertemuan pelaku industri pariwisata Indonesia dengan India. Pitana menjelaskan, proses audiensi berlangsung interaktif. “Mereka antusias menyimak pemaparan informasi yang diberikan. Lalu merespons dengan beberapa pertanyaan. Secara umum mereka cukup puas dengan berbagai penjelasan yang diberikan oleh tim,” jelas Pitana lagi. Audiensi ditutup dengan jamuan makan bersama sembari menikmati suguhan tarian tradisional khas Bali yang mengundang decak kagum peserta yang hadir.

Tercatat sepanjang 2017 jumlah kunjungan wisatawan asal India ke Pulau Bali mencapai 485.314. angka ini meningkat 30 persen dibanding tahun 2016 yang berjumlah 376.802 wisatawan. Menteri Pariwisata, Arief Yahya juga mengatakan bahwa pasar India sangat potensial. “India itu size-nya besar, maka kondisi ini harus dimaksimalkan dengan melakukan berbagai upaya untuk menarik lebih banyak wisatawan asal India,” imbuh Arief Yahya.