Kemenparekraf Buka Pendaftaran Bantuan Insentif Pemerintah

Wednesday, 02 June 21 Bonita Ningsih
Sandiaga Uno mengunjungi ekonomi kreatif di KEK Tanjung Lesung

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan bantuan insentif pemerintah (BIP) sebesar Rp60 miliar. BIP akan diberikan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mendaftar pada tanggal 4 Juni hingga 4 Juli 2021.

“Kita akan open pendaftaran di tanggal tersebut dan tidak ada daerah yang diprioritaskan sehingga seluruh Indonesia dapat mengajukan. Pokoknya, tidak ada kuota dan tidak ada batasan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat Weekly Briefing pada 2 Juni 2021.

BACA JUGA:   Wisatawan Domestik Digenjot Dengan 3M dan 3T

Menurut Sandiaga, pemberian bantuan insentif pemerintah ini merupakan program lanjutan yang sudah dilakukan sejak tahun 2017. Namun, di tahun ini, Kemenparekraf meningkatkan jumlah bantuannya sebanyak lebih dari dua kali lipat.

Bantuan insentif ini akan diberikan kepada enam subsektor ekonomi kreatif, yakni kriya, fesyen, kuliner, film, aplikasi, dan games developer. Sedangkan untuk pariwisata terdapat 13 subsektor di dalamnya sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Berharap Agustine Phinisi Jadi Daya Tarik Baru di Kepulauan Seribu

Sandiaga mengatakan, penerima bantuan insentif pemerintah akan difokuskan untuk para pelaku parekraf yang usahanya berdampak signifikan akibat pandemi COVID-19.  Unsur-unsur tertentu seperti sociopreneur yang memiliki dampak sosial dan lingkungan akan menjadi nilai tambah untuk mendapatkan bantuan insentif pemerintah ini.

“Kita akan sentuh yang sifatnya berupa usaha-usaha terdampak signifikan bagi kemampuan kita untuk bertahan. Harapannya, BIP ini dapat dijadikan sebagai program berkeadilan dan tepat sasaran bagi para UMKM, pengusaha kecil, pengusaha pemula yang sedang berjuang di tengah pandemi,” ucapnya lagi.