Kemenparekraf Gelar Bimtek dan Workshop Online Bagi Peserta ADWI 2021

Thursday, 15 July 21 Bonita Ningsih

Untuk mendukung pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan kegiatan “Bimtek & Workshop Online ADWI 2021”. Di sini, pengelola desa wisata yang telah berpartisipasi dalam ADWI 2021 akan mendapatkan bimbingan teknis dan workshop untuk memaksimalkan persiapannya dalam memasuki tahapan berikutnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan ADWI 2021 merupakan ajang bagi desa wisata di Indonesia untuk bertransformasi sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan kelas dunia. Selain itu, diharapkan desa wisata tersebut mampu berdaya saing, mendorong pembangunan daerah, dan kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, kegiatan ini juga dapat membangun motivasi pengelola desa untuk mengembangkan daerahnya. Melalui desa wisata, ekonomi daerah tersebut akan bergerak dengan mengedepankan kearifan lokal.

BACA JUGA:   Dukung Kebangkitan Pariwisata Bali, Kemenparekraf Resmikan Kapal KM Kirana VII

“Kami harap para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata tersebut dapat lebih berkembang, meningkatkan kapasitas masyarakat dan pengelola desa wisata, serta mengembangkan kreativitas dalam menciptakan konten kreatif,” jelas Sandiaga.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, menambahkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan salah satu program unggulan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata nasional dengan desa wisata. Menurutnya, hal ini sudah tepat dilakukan karena secara perspektif, ketangguhan pariwisata nasional terdapat pada sebuah pedesaan. 

“Salah satu upaya kami dari Kemenparekraf adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia ini,” Vinsensius menambahkan.

BACA JUGA:   Program Desa Wisata Diharapkan Jadi Pandemic Winner

ADWI 2021 mengangkat tema “Indonesia Bangkit” dengan harapan semua pelaku parekraf dapat menjadikan desa wisatanya berkembang. Dengan begitu, ekonomi bangsa Indonesia akan semakin kuat, tangguh, dan bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

Hingga saat ini sudah tercatat 1.484 desa wisata yang mendaftar dalam program ADWI 2021. Pendaftaran peserta ADWI 2021 masih dibuka hingga 16 Juli 2021. Sementara itu, kegiatan “Bimtek & Workshop Online” akan dilakukan secara bertahap yang dibagi per zona.

Di mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bengkulu pada 21 Juli 2021. Kemudian Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Lampung pada 22 Juli 2021. Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat pada tanggal 23 Juli 2021.

BACA JUGA:   Dubai Dikunjungi 15,92 Juta Wisman pada 2018

Lalu disusul DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat pada 24 Juli 2021. Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah pada 25 Juli 2021, Jawa Timur dan Bali pada 29 Juli 2021, hingga Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Gorontalo pada 30 Juli 2021.