Libur Akhir Tahun, Wisata Bahari jadi Favorit di Gorontalo

Friday, 22 December 17 Ahmad Baihaki
Pulo cinta gorontalo
Foto: Dok. Pemprov Gorontalo

Dengan wilayah yang dikelilingi perairan, tak heran apabila wisata bahari menjadi primadona di Gorontalo. Resma Kabakoran, Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, mengatakan, beberapa destinasi yang diperkirakan akan ramai dikunjungi wisatawan pada liburan natal dan pergantian tahun baru antara lain Pulo Cinta, Pulau Saronde, Taman laut Olele, dan Limboto.

Di pengujung tahun, dipastikan hotel-hotel di Gorontalo sudah penuh. Bahkan, resor Pulo Cinta sudah penuh dipesan hingga liburan imlek di tahun depan.

“Wisatawan bisa menyelam atau bermain di pantai bersama keluarga,” kata Resma.

Di Pulo Cinta, wisatawan bisa melihat biru lautnya yang begitu jernih. Sementara itu, Pulau Saronde masih terjaga keasriannya sehingga banyak wisatawan domestik dan mancanegara berlibur ke sana. Di Danau Limboto, wisatawan bisa menikmati udara segar sambil menikmati matahari terbenam. Taman Laut Olele memiliki pantai yang berpasir putih dengan jarak 20 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Namun, Resma mengatakan, salah satu kendala bagi Gorontalo adalah akses yang masih minim dari sisi transportasi laut. Gorontalo membutuhkan kapal wisata sebagai penunjang wisata bahari di Gorontalo. Saat ini, wisatawan hanya menggunakan kapal barang untuk menyeberang. Pemerintah Gorontalo sudah meminta kepada Kementerian Perhubungan agar memberikan dukungan transportasi laut.

Untuk memajukan pariwisata Gorontalo, Resma akan melakukan perbaikan destinasi yang ada, meningkatkan promosi pariwisata Gorontalo, meningkatkan kemampuan SDM, serta melibatkan industri maupun pelaku usaha pariwisata untuk menjadikan Gorontalo lebih mendunia.

Pada tahun lalu, sejumlah 572.317 wisman berkunjung ke Gorontalo di akhir tahun. Untuk tahun ini, Resma menargetkan 600.000 wisman akan berkunjung ke Gorontalo.