Menjelajah Itaewon Street Secara Virtual

Wednesday, 16 June 21 Harry Purnama

Untuk tetap menjalin komunikasi dengan para travel agent di Indonesia, Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office mengadakan Travel Agent Gathering & Virtual Tour pada 15 Juni 2021. Kegiatan tersebut berlangsung secara offline di Hotel Mandarin Oriental dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pada kegiatan ini, perwakilan dari KTO Jakarta juga sekaligus memperkenalkan kembali Korea Selatan sebagai tujuan wisata yang ramah muslim, terutama wisatawan muslim dari Indonesia. Pasalnya, turis muslim dari Indonesia jumlahnya lebih besar yang berkunjung ke Korea Selatan dibandingkan turis muslim dari Malaysia maupun Brunei Darussalam.

BACA JUGA:   Gangwon, Destinasi Bleisure Korea

Ada beberapa hal yang menjadikan Korea Selatan ramah bagi wisatawan muslim, antara lain tersedianya tempat sembahyang di beberapa lokasi serta ketersediaan restoran halal yang semakin banyak. Korea sendiri memiliki empat jenis sertifikasi halal untuk restorannya, yakni Halal Certified, Self Certified, Muslim Friendly, dan Pork Free.

Untuk Halal Certified, restoran tersebut benar-benar telah menyajikan makanan yang halal, begitu pula dengan pelayanannya sehingga mendapatkan sertifikasi tersebut dari pemerintah. Sementara untuk Self Certified, restoran tersebut mengklaim sendiri bahwa makanan yang dijual adalah halal karena pemilik restoran tersebut adalah orang muslim.

BACA JUGA:   PT Datascrip Hadirkan Showroom Khusus Furnitur Kantor

Sementara untuk Muslim Friendly, restoran tersebut tidak menjual daging bagi, tapi tetap menyediakan minuman beralkohol seperti soju dan bir. Sertifikasi jenis ini lebih banyak terdapat di Korea, dan umumnya dimiliki oleh restoran-restoran tradisional.

Untuk sertifikasi Pork Free hampir sama dengan sertifikasi Muslim Friendly, artinya restoran tersebut menjual kuliner berbahan utama daging, kecuali daging babi.

Untuk melepas rindu para wisatawan dari Indonesia, pada kegiatan gathering ini juga diadakan tur virtual langsung dari Korea. Tur yang dipandu oleh Juliana Park ini membawa para penontonnya untuk menjelajahi wilayah Itaewon, di mana tempat ini merupakan kawasan utama bagi para wisatawan untuk berbelanja maupun wisata kuliner. Tur virtual tersebut berakhir di Masjid Pusat Seoul.