Berkunjung Ke Borobudur Tak Lengkap Tanpa Mengunjungi Desa Wisata Ini

Friday, 18 June 21 Harry
wisatawan di candi borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Tengah. Bahkan, candi buddha terbesar di dunia ini telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, dan pernah dinobatkan sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia.

Tidak hanya tentang megahnya struktur candi dengan relief yang mengagumkan, di kawasan Candi Borobudur juga terdapat atraksi yang tidak kalah menarik, yakni desa wisata.

Desa-desa wisata sekitar Candi Borobudur pun sudah ada yang tersertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan serta memiliki sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability). Sertifikasi ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

BACA JUGA:   Merayakan Hari Bumi Dengan Mengunjungi Tiga Desa Wisata Ini

“Desa wisata ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan dan diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sehingga memiliki daya saing serta menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian di sektor parekraf di tengah pandemi,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan mengantongi sertifikasi desa wisata berkelanjutan dan sertifikasi CHSE ini, para pengunjung pun akan merasa lebih aman dan nyaman selama berwisata. Berikut adalah dua desa wisata di sekitar Candi Borobudur yang sayang untuk dilewatkan.

Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo terletak di Sangen, Candirejo, Borobudur, Magelang. Di desa ini, para wisatawan bisa menikmati suasana khas desa dengan tradisi jawa yang kental. Aktivitas di desa wisata ini terdiri dari tiga macam, yaitu wisata budaya, agrowisata, dan wisata alam.

BACA JUGA:   AELI Mengembangkan Experiential Tourism di Desa Wisata

Selain itu, ada juga beragam situs bersejarah di Desa Wisata Candirejo yang bisa dikunjungi, seperti Toyo Asin, Watu Tumbak, Watu Kendil, Tempuran Kali Progo, dan Pabelan. Wisatawan pun bisa berkeliling desa dengan berjalan kaki, menyewa sepeda onthel, atau naik delman.

Desa Wisata Karangrejo

Desa Wisata Karangrejo selama ini dikenal sebagai salah satu lokasi favorit untuk menikmati momen matahari terbit berkat keberadaan Punthuk Setumbu. Dari Punthuk Setumbu, wisatawan dapat melihat Candi Borobudur dari kejauhan sekaligus megahnya Gunung Merapi.

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Larang Pelaksanaan Event yang Mengundang Keramaian Pada Natal dan Tahun Baru

Tak cuma itu saja, Desa Wisata Karangrejo juga melengkapi atraksinya dengan beberapa paket wisata unik, seperti bercocok tanam di sawah, hingga menyusuri desa menggunakan kendaraan khas, yaitu andong dan sepeda onthel.