Singapura dan GDP Venture Membuat Perencana Perjalanan Berbasis AI

Monday, 29 April 24 Harry
STB x GDP Venture_04

Singapore Tourism Board (STB) Indonesia menjalin kerja sama dengan GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Singapura. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan pada 25 April 2024 di Jakarta.

Terrence Voon, Executive Director Southeast Asia STB, mengatakan, “Pada kuartal pertama 2024, Singapura telah menerima lebih dari 664.000 pengunjung Indonesia dan mencatat peningkatan sebesar 33,8% dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama, pengunjung Indonesia menyumbang lebih dari 45% dari total pengunjung Singapura yang berasal dari Asia Tenggara.”

Terrence menambahkan, salah satu highlight dari kerja sama ini adalah perencana perjalanan berbahasa Indonesia pertama yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), yang dinamakan HolidAI Singapura. Melalui platform HolidAI Singapura ini, wisatawan Indonesia akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan durasi perjalanan mereka dan jumlah anggota keluarga yang ikut berwisata.

BACA JUGA:   Pemerintah Siapkan Rp20 Triliun untuk Penerima Kartu Prakerja

HolidAI Singapura juga dapat memberikan rekomendasi yang tepat bagi wisatawan Muslim yang memiliki kebutuhan atas makanan dan minuman halal. Sebagai platform AI berbahasa Indonesia, HolidAI Singapura juga bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas serta menfasilitasi pengalaman Singapura yang dapat diakses oleh populasi Indonesia yang lebih luas.

“Peluncuran platform pembuat rencana perjalanan yang didukung AI adalah contoh bagaimana kami berinovasi untuk membuatkan rekomendasi perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing wisatawan Indonesia, menyederhanakan proses perencanaan perjalanan mereka, dan meningkatkan visibilitas beragam atraksi di Singapura,” ujar Terrence.

BACA JUGA:   Inovasi Transportasi Publik dan Industri MICE Jeju

Selain itu, kerja sama ini juga akan memanfaatkan ekosistem GDP Venture untuk menjangkau berbagai segmen pasar di Indonesia, antara lain menggunakan selebriti dan influencer ternama Indonesia melalui perusahaan media portofolio GDP Venture, seperti Kumparan, Kincir, dan Narasi.

Kemudian, kolaborasi antara STB Indonesia dan GDP Venture juga meliputi promosi akomodasi dan tiket penerbangan Singapura di perusahaan terafiliasi GDP Venture lainnya, yakni Tiket.com. Melalui pengalaman berwisata yang mendalam dan narasi yang menarik, kolaborasi ini telah menginspirasi wisatawan Indonesia untuk melakukan eksplorasi lebih lanjut dan menemukan hidden gems di Singapura.

Danny Wirianto, Chief Business Officer (CBO) GDP Venture, mengatakan, “Kelanjutan kemitraan kami dengan Singapore Tourism Board untuk tahun kedua merupakan bukti komitmen bersama kami terhadap inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan. Upaya kolaboratif kami telah mencapai keberhasilan dalam memperkuat posisi Singapura di pasar Indonesia. Pembuat rencana perjalanan yang didukung AI juga mencerminkan upaya kami dalam memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran terpersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen Indonesia. Kami berkomitmen untuk memperkenalkan strategi inovatif yang akan memberikan nilai bagi audien kami.”