Singapura Luncurkan Vaccinated Travel Lane, Turis Indonesia Tidak Perlu Karantina

Tuesday, 16 November 21 Harry Purnama
Singapore Tourism Board

Singapura resmi mengumumkan peluncuran Vaccinated Travel Lane (VTL). Aplikasi untuk perjalanan melalui jalur VTL ini akan dimulai dari 22 November 2021, dan wisatawan yang telah divaksinasi penuh dari Indonesia dapat berkunjung ke Singapura tanpa karantina mulai dari 29 November 2021.

Hal Ini merupakan bagian dari strategi Singapura yang secara bertahap membuka pintu kembali sehingga para wisatawan yang telah divaksinasi dapat mengunjungi Singapura, baik untuk berlibur atau berbisnis.

Untuk memasuki Singapura di bawah skema VTL, wisatawan harus memberikan bukti vaksinasi lengkap, wajib menjalani tes PCR yang diperlukan dan melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes PCR diumumkan.

Bagi wisatawan Indonesia dengan sejarah perjalanan 14 hari di Indonesia harus menggunakan penerbangan khusus VTL (VTL Flights) ke Singapura dari Indonesia. Semua wisatawan yang memasuki Singapura harus mematuhi persyaratan VTL yang berlaku, yaitu:

1) Travel History

Wisatawan VTL harus tetap berada di satu atau lebih negara VTL dalam 14 hari terakhir berturut-turut sebelum keberangkatan ke Singapura.

2) Testing

Semua wisatawan harus menjalani tes COVID-19 berikut ini (kecuali anak-anak berusia 2 tahun ke bawah tidak diwajibkan untuk menjalani tes ini):

BACA JUGA:   Menjadi Penyelenggara MICE Berintegritas

a) Pre-Departure Test menunjukkan hasil negative PCR atau Antigen Rapid Test (ART) dalam waktu 2 hari sebelum berangkat ke Singapura.

b) On Arrival PCR Test di Changi Airport dan tetap melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes dikonfirmasi negatif.

3) Vaccination

• Semua wisatawan VTL harus telah divaksinasi lengkap dua dosis sesuai standar dari WHO Emergency Use Listing (EUL) yang bisa dicek di link berikut ini https://safetravel.ica.gov.sg/health/vtsg

• Menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi (untuk yang divaksinasi di Indonesia), aplikasi TraceTogether atau HealthHub (untuk yang divaksinasi di Singapura), atau bukti vaksinasi lain yang dapat diterima yang tercantum di situs web SafeTravel (bagi yang tidak termasuk dalam kategori di atas);

• Anak-anak berusia di bawah 12 tahun yang tidak divaksinasi pada tahun kalender saat ini dapat memasuki Singapura dengan VTL, tetapi mereka harus mematuhi semua ketentuan VTL lainnya dan didampingi oleh wisatawan VTL yang divaksinasi lengkap.

4) Designated VTL Flights

BACA JUGA:   Paket Wisata Murah ke Belitung

Wisatawan yang bepergian ke Singapura harus dengan penerbangan VTL yang ditunjuk. Ataupun mereka dapat transit melalui negara VTL lain untuk mengambil penerbangan VTL yang ditunjuk ke Singapura.

5) Other Requirements

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh wisatawan VTL:

a. Harus mengajukan Vaccinated Travel Pass paling tidak 7-60 hari sebelum tanggal keberangkatan yang bisa diakses di link ini: https://safetravel.ica.gov.sg/arriving/overview

b. Wajib memiliki Asuransi Perjalanan untuk perawatan medis terkait Covid-19 di Singapura dengan perlindungan minimal SGD30,000 dari perusahaan asuransi yang berbasis di Singapura atau luar negeri.

c. Non-Singapore Citizen/Permanent Resident (PR) perlu mengajukan Vacinated Travel Pass (VTP). Singapore Citizen (SC) dan Permanent Resident (PR) yang kembali ke Singapura dan telah divaksinasi lengkap tidak perlu mengajukan VTP;

d. Singapore Citizen (SC) dan Permanent Resident (PR) yang belum divaksinasi, serta Pemegang Long Term Pass Holder (LTPH) yang telah menerima persetujuan masuk, masih dapat melakukan perjalanan ke Singapura dengan penerbangan Non-VTL. Namun, mereka akan dikenakan Stay Home Notice (SHN) serta melakukan persyaratan pengujian yang telah ditentukan.

BACA JUGA:   Singapura Catatkan Rekor Baru di Sektor Pariwisata

e. Wisatawan dapat melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil PCR test di fasilitas di Residential Accommodation, misalnya tempat tinggal sendiri/Apartemen atau di Non Residential Accommodation seperti hotel atau serviced apartment yang dapat mengakomodasi tamu yang melakukan isolasi mandiri dan dalam pengaturan VTL. Ini adalah daftar hotel yang menerima wisatawan VTL yang dikelola oleh Singapore Hotel Association (non-exhaustive list): https://www.sha.org.sg/vaccinated-travel-lane

f. Harus melakukan pendaftaran dan pembayaran di muka untuk on Arrival Test COVID-19 di Changi Airport melalui link ini: https://safetravel.changiairport.com/arrivalswabtest/en.html#/

g. Harus melakukan pengisian SG Arrival Card dan Health Declaration 3 hari sebelum keberangkatan secara online melalui link ini: https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard/

h. Wisatawan harus mengunduh dan mendaftar di aplikasi TraceTogether yang bisa di-download di Google Play Store atau Apple App Store.