The Indonesia MICE Youth Challenge Ciptakan Bibit Unggul yang Inovatif dan Visioner

Tuesday, 23 April 24 Bonita Ningsih

Untuk pertama kalinya, Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) berkolaborasi dengan Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) akan menyelenggarakan acara The Indonesia MICE Youth Challenge 2024. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 29 hingga 30 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

“Kegiatan ini sebagai suatu kolaborasi yang sudah lama kami diskusikan karena ASPERAPI dan INCCA merupakan pilar industri pariwisata terutama MICE di Indonesia. Kami saling isi dan akhirnya sepakat untuk menggelar acara ini,” kata Hosea Andreas Runkat, Ketua Umum ASPERAPI di JCC pada tanggal 23 April 2024.

The Indonesia MICE Youth Challenge merupakan sebuah kompetisi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), bisnis, dan pariwisata untuk kalangan generasi muda khususnya para mahasiswa di Indonesia. Kompetisi ini ditargetkan dapat mendatangkan para peserta dari 36 kampus di Indonesia yang secara khusus memiliki Program Studi MICE.

Melalui kompetisi ini, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam menampilkan ide-ide inovatif kepada industri. Kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman industri dengan mengembangkan konsep, menguji coba bisnis, dan mengatur acara MICE.

BACA JUGA:   IKN Usung Konsep Pariwisata yang Berkualitas dan Berkelanjutan

“Ini menjadi titik awal pengembangan MICE dari sisi kampus yang nantinya akan merambah ke dunia industri. Kita mulai hari ini sebagai kick off menuju kompetisi ini,” ungkapnya lagi.

Ketua INCCA, Iqbal Alan Abdullah, menyambut baik ide dan gagasan dari Ketua Umum ASPERAPI yang ingin menyelenggarakan The Indonesia MICE Youth Challenge 2024. Pasalnya, industri MICE mulai mengalami dinamika perubahan dari yang konvensional ke arah teknologi sehingga membutuhkan generasi muda yang unggul di tingkat dunia.

“Kami khawatir kalau kita tidak mengikuti zaman maka Indonesia akan tertinggal dengan negara lainnya. Oleh sebabnya, kami cari bibit unggul melalui kompetisi ini dengan mengombinasikan konvensional dan juga teknologi,” ujar Iqbal.

Iqbal berharap para generasi muda tersebut dapat menuangkan inovasi dan pemikiran yang visioner untuk perkembangan MICE di Indonesia. Menurutnya, dengan berpikir visioner, Indonesia dapat menjadi salah satu destinasi MICE unggulan dan sebagai pilar di Asia. 

BACA JUGA:   Asperapi akan Menyusun Protokol Penyelenggaraan Pameran

“Sudah saatnya mahasiswa mengeluarkan “ide gila” yang ada di kepala dan pikirannya. Jadi, kalau mau buat event tidak sebatas konvensional saja, tetapi juga digabungkan dengan teknologi. Hal ini untuk menjangkau peserta dari luar Indonesia yang berhalangan hadir, namun tetap mau membayar event tersebut,”ucap Iqbal.

“Pemikiran seperti ini sangat kita butuhkan, bukan hanya untuk hari ini tetapi 10 tahun ke depan,” dia menambahkan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang juga hadir dalam acara kick off The Indonesia MICE Youth Challenge 2024. Diwakilkan oleh Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, ia mengatakan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan profesional.

“Hal ini selaras dengan komitmen Kemenparekraf untuk mengedepankan adaptif, kolaboratif, dan juga inovatif. Kita akan support dengan resources yang ada, kemudian memperluas lagi dari sisi kualitas maupun kuantitas untuk kita kirimkan ke level regional hingga global,” jelas VJ, begitu sapaan akrab Vinsensius.

BACA JUGA:   Empat Upaya Pemerintah untuk Mempermudah Kedatangan Musisi Internasional

Menurutnya, dukungan ini juga hadir karena melihat industri MICE di Indonesia tengah naik daun dan sangat menjanjikan. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya event internasional skala besar yang akan dan telah digelar di beberapa wilayah Indonesia.

“Indonesia menjadi gadis manis yang dilirik seluruh dunia untuk menyelenggarakan event berkelas internasional. Misalnya saja konser musik dan event besar MICE lainnya melihat Indonesia sebagai destinasi yang berkelas,” tutup VJ.