Tips Membuat Perjalanan Bisnis Lebih Menyenangkan dan Produktif

Friday, 17 December 21 Bonita Ningsih

Beberapa negara di dunia sudah mulai kembali membuka perbatasannya untuk para wisatawan internasional. Selain untuk pelesiran, pertemuan bisnis secara tatap muka sudah menjadi hal normal lagi di beberapa kalangan masyarakat. 

Setelah dua tahun menjalani masa pandemi, perjalanan bisnis menjadi sesuatu hal yang baru lagi sehingga dapat menimbulkan kebosanan dan menghabiskan banyak energi. Untuk menghadirkan perjalanan bisnis yang lebih menyenangkan dan produktif, Anda dapat mengikuti 13 tips ini seperti yang dikutip dari travelmamas.com.

  1. Selalu ingat untuk charge handphone

Akan banyak sekali waktu menunggu di bandara, sehingga pastikan handphone Anda telah terisi penuh dengan baterai.

Apalagi, sekarang banyak sekali bandara yang mengharuskan tes PCR di bandara sehabis landing. Menunggu hasil PCR tersebut akan menghabiskan banyak waktu sehingga akan membosankan jika tidak ada handphone. Sedia juga power bank agar Anda tidak melewati apapun panggilan dan email yang masuk.

  1. Gunakan tas komputer yang sesuai

Tas komputer yang tidak sesuai dapat membuat seluruh trip menjadi suram. Tas yang terlalu besar akan membuat Anda kesusahan untuk menyimpannya di bawah kursi pesawat. Tentunya kenyamanan adalah hal yang paling penting dan tas yang terlalu berat akan membuat leher dan punggung Anda sakit. Untuk itu, gunakan tas komputer yang tidak begitu besar, namun tetap terlihat profesional.

  1. Berpakaian profesional

Suka atau tidak suka, penampilan sangat penting. Jangan berpakaian terlalu santai karena Anda tidak tahu siapa yang akan ditemui di pesawat. Gunakan pakaian yang terlihat bersih dan rapi. Cari kain yang anti-kusut dan nyaman. Baju dengan warna lebih gelap juga dapat membantu menyembunyikan kotoran dan kusut.

  1. Selalu sedia makanan ringan

Anda tidak akan tahu jika nanti akan terjebak di meeting terlalu lama atau berada di lokasi yang tidak ada makanan dan minuman. Makanan ringan di bandara juga selalu lebih mahal sehingga membawa makanan ringan dari rumah akan membantu mengurangi pengeluaran Anda.

  1. Bawa keperluan tidur 

Membawa peralatan tersebut dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak saat melakukan perjalanan bisnis. Apalagi, jika Anda akan berada di pesawat dalam jangka waktu yang lama.

Anda dapat membawa bantal, selimut, penutup mata, bantal leher, atau headphones peredam bising. Anda juga perlu membawa penyumbat telinga agar tidak mengganggu waktu istirahat saat perjalanan. Alat ini juga dapat digunakan saat berada di hotel yang mungkin ada suara konstruksi, tetangga berisik, ataupun AC bising. 

  1. Gunakan lounge yang tersedia di bandara

Mungkin untuk pelancong biasa, membership lounge nampak sangat sia-sia. Tapi, bagi para pelancong bisnis yang sering bepergian, lounge adalah tempat terbaik untuk istirahat sehingga membuat penerbangan jadi lebih menyenangkan. Lounge juga dapat memikat Anda untuk datang lebih awal, dan akhirnya mengurangi stres karena Anda tidak butuh berlari-lari ke gate pesawat.

  1. Bersikaplah baik kepada semua orang 

Tidak ada yang mau menunggu lama di bandara dan bukan Anda saja yang merasa kesal. Bersikap ramah dan sopan akan menghindari pertikaian yang akan membuat perjalanan Anda tidak menyenangkan.

  1. Gunakan aplikasi translator yang handal

Kalau tidak tahu bahasa lokal, pastikan Anda mempunyai aplikasi translator di handphone. Banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan, bahkan beberapa di antaranya dapat mengartikan tulisan pada dokumen bisnis. Membaca menu juga dapat dilakukan dengan aplikasi tersebut dan membuat semuanya menjadi lebih mudah.

  1. Minum air yang cukup

Jadwal yang sibuk dapat membuat Anda lupa untuk minum. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat Anda sakit saat melakukan perjalanan bisnis. Untuk itu, Anda harus rutin minum air putih agar tubuh merasa bugar. Bawa botol minum agar Anda selalu ingat untuk minum dan juga mengurangi sampah plastik dalam sebuah perjalanan.

  1. Keselamatan adalah prioritas

Membawa gembok sendiri bisa membuat Anda merasa lebih aman tinggal di hotel dan negara lain. Pastikan juga setiap koper dan tas selalu ada di sisi Anda saat bepergian. Jangan membawa barang-barang mahal yang tidak dibutuhkan dan jangan memberikan nomor kamar hotel demi keselamatan.

  1. Jangan lupa berolahraga

Tubuh akan merasa lebih bugar ketika Anda tetap memprioritaskan olahraga saat melakukan perjalanan bisnis. Anda dapat gunakan gym di hotel ataupun menyewa hotel yang dekat dengan tempat pertemuan bisnis agar dapat berjalan kaki menuju lokasi acara. Olahraga juga dapat menjadi cara penghilang stres dan tekanan saat Anda berbisnis. 

  1. Sisakan waktu untuk bersenang-senang

Mengeksplorasi destinasi menjadi aktivitas yang cocok untuk mengisi waktu luang saat selesai menghadiri meeting dan convention. Bacalah travel blog dan periksa online review untuk mencari tempat yang mau dikunjungi. Jika tidak ada waktu, mungkin Anda boleh datang satu hari lebih awal atau pulang lebih lama untuk melakukan jalan-jalan ke tempat wisata.

  1. Jangan lupa untuk bawa baju casual 

Walaupun jadwal penuh dengan meeting, Anda juga harus membawa baju casual untuk melakukan tamasya atau sekadar membeli souvenir. Setidaknya bawa satu set baju casual di perjalanan bisnis Anda untuk menghindari penggunaan jas atau dress saat ingin jalan-jalan santai dan membeli makanan di pinggir jalan.