Tips Menghemat Biaya Saat Berlibur

Friday, 12 July 19 Bonita Ningsih

Berlibur merupakan salah satu cara untuk melepas penat dari segala aktivitas pekerjaan. Anda bisa berlibur bersama keluarga, teman dekat, atau jalan sendiri. Persiapkan segala sesuatu secara matang agar liburan Anda terasa menyenangkan.

Selain mempersiapkan barang bawaan, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk berlibur atau pelesiran. Namun, bagaimana jika ingin berlibur dengan biaya yang minim? Seorang travel blogger bernama Yuki Anggia Putri akan memberikan tips bagaimana caranya menghemat biaya atau anggaran jika Anda ingin melakukan pelesiran.

  • Pesan Terlebih Dahulu

Saat ingin melakukan perjalanan jauh, Anda harus memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk tiket pesawat terbang. Anda harus memesan tiket pesawat secara dini agar mendapatkan harga yang lebih murah dibanding jika membelinya secara dadakan.

“Biasanya maskapai penerbangan akan mengadakan promo bagi yang membeli 3 atau 6 bulan sebelum keberangkatan. Waktu itu saya ke India bulan April, tetapi beli tiketnya sudah dari tahun sebelumnya,” kata Yuki.

  • Alternatif Kendaraan

Berlibur tidak harus ke tempat yang jauh dari lokasi Anda tinggal. Untuk yang tinggal di Jakarta, Anda bisa mencoba berlibur di sekitaran Pulau Jawa. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih alternatif kendaraan agar sampai ke tempat tujuan. Jika harga tiket pesawat sedang tidak bersahabat, Anda dapat memilih transportasi umum lainnya, seperti kereta api, bus, atau kapal laut.

  • Memantau Internet

Salah satu cara paling efektif mencari tiket promo ialah melalui internet. Menurutnya, jika Anda rajin melihat-lihat informasi melalui internet, maka akan semakin mudah mendapatkan harga-harga terjangkau untuk transportasi dan penginapan.

“Tidak harus datang ke travel fair, rajin pantengin online saja untuk mendapatkan promo-promo. Bahkan, sebagian promo yang ada di travel fair juga bisa dibeli secara online,” ujarnya lagi.

  • Penginapan Murah

Pilih penginapan murah seperti model dorm atau model kamar bunk bed. Mungkin sebagian orang tidak terlalu nyaman menginap di tempat seperti itu, namun penginapan model tersebut selalu menawarkan harga terjangkau.

“Kalau lagi liburan gitu kan kebanyakan kita di luar dan jalan-jalan. Jadi, tidak perlu memilih penginapan yang mewah karena ditempatinya cuma untuk tidur saja. Di sini, kita bisa menghemat pengeluaran saat liburan,” ujar Yuki menjelaskan.

Meskipun murah, cari penginapan yang menawarkan fasilitas brankas di dalamnya. Hal ini untuk meminimalisir kehilangan barang saat Anda tidur bersama orang lain.

“Kalau model bunk bed gitu kan satu kamar bisa muat 4 sampai 6 orang. Jadi, kalau ada brankas itu bisa menitip barang-barang berharga yang kita bawa, seperti kamera dan laptop. Tidur pun akan terasa aman dan nyaman kalau begitu,” imbuhnya.

  • Tempat Wisata Gratis

Liburan akan terasa lebih menyenangkan jika mengunjungi banyak tempat wisata. Namun, untuk menghemat biaya, pilih tempat wisata yang murah atau tidak dipungut biaya masuk. Jadikan museum sebagai salah satu destinasi wisata Anda karena saat ini masih banyak museum yang tidak memungut biaya masuk.

“Kalau ke luar negeri juga banyak yang gratis, kok, buat ke tempat wisatanya, tidak hanya museum. Pokoknya, rajin-rajin cari informasi terkait tempat wisata di daerah yang akan didatangi nanti,” ucap Yuki.

  • Datangi Kerabat Terdekat

Pilih lokasi wisata yang dekat dengan rumah keluarga atau kerabat terdekat. Minta tumpangan untuk menginap di rumahnya agar menghemat biaya penginapan. Anda tidak perlu malu melakukan ini karena biasanya mereka akan senang jika didatangi kerabat dari luar daerah.