Berburu Menu Buka Puasa di Tiga Pusat Wisata Kuliner

Sunday, 11 April 21 Harry Purnama
Intiwhiz International

Dalam hitungan hari, masyarakat muslim di Indonesia akan kembali menyambut bulan Ramadan yang sangat dinanti-nanti. Selain momen untuk mengumpulkan amal ibadah, bulan suci Ramadan juga memiliki keistimewaan sendiri karena tak sedikit kuliner khas dan unik bermunculan di sekitar.

Selain itu, bulan Ramadan juga menjadi ajang menjalin silaturahmi dengan kerabat maupun kawan lama. Apalagi, Kementerian Agama Republik Indonesia telah memberi kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat mengadakan acara buka puasa bersama dengan kapasitas mengikuti peraturan pemerintah serta tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, pandemi COVID-19 ini membuat tren berwisata berubah.

“Pandemi ini membawa kita melakukan transformasi, tren pariwisata bergerak yang dulunya berbondong-bondong dan massal, kini pendekatannya perlu dikembangkan sebagai pariwisata yang berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

BACA JUGA:   Menelusuri Jejak Budaya Arab di Kampung Al Munawar

Karenanya, menyambut bulan Ramadan dan Lebaran dengan berwisata #DiIndonesiaAja adalah pilihan yang tepat, terlebih banyak destinasi wisata kuliner yang aman dikunjungi asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Berikut adalah tiga rekomendasi wisata kuliner seru untuk berburu menu berbuka puasa.

Masjid Sunda Kelapa – DKI Jakarta

Selain merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta, Masjid Sunda Kelapa tidak hanya ramai oleh pengunjung yang ingin beribadah salat maupun bersantai di bawah rimbunnya pohon yang ada di sekitar masjid, tapi juga oleh para pencinta wisata kuliner.

Selama bulan Ramadan, di sekeliling Masjid Sunda Kelapa dipenuhi oleh berbagai macam kuliner yang bisa membuat bingung pengunjung untuk memilih menu berbuka puasa. Karenanya, para pengunjung disarankan datang jauh sebelum waktu berbuka puasa agar lebih leluasa untuk memilih kuliner yang ada, dan menu yang disajikan pun terbilang lebih segar dan masih beragam.

BACA JUGA:   Khaoyai, Thailand: Surga MICE di Perbukitan Hijau

Usai menyantap menu berbuka, para pengunjung pun bisa langsung beribadah salat magrib hingga tarawih di Masjid Sunda Kelapa, dan bisa melanjutkan wisata kulinernya usai salat tarawih.

Pasar Sore Kauman – Daerah Istimewa Yogyakarta

Pasar Sore Kauman di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu pasar Ramadan yang legendaris di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pasar ini berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Berkunjung ke tempat ini, wisatawan tak hanya disuguhi wisata religi dan sejarah, tapi juga kuliner yang beragam.

Karenanya, tempat ini menjadi one stop destination untuk berbuka puasa sambil beribadah. Tak hanya itu, bagi wisatawan dari luar kota pun bisa sekaligus berwisata mempelajari sejarah Kampung Kauman ini.

BACA JUGA:   Berburu Tiga Kuliner Langka di Bulan Ramadan

Jalan A. Yani Denpasar – Bali

Meski mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu, sentra kuliner Ramadan juga bisa ditemui di Bali. Pasalnya, banyak juga pendatang beragama muslim yang bekerja maupun menetap di Bali, serta para wisatawan bisnis yang pada saat bulan Ramadan harus menjalani tugas seperti meeting di Bali.

Sentra kuliner Ramadan tersebut berada di di sepanjang jalan A. Yani, Denpasar Barat. Di tempat ini, para pengunjung bisa menemukan berbagai makanan khas buka puasa, seperti kolak pisang, es cendol, bubur kacang hijau, dan sebagainya.