Ingin Pergi ke Lima Destinasi Super Prioritas, Lihat Dulu Keunikannya Di sini

Monday, 24 May 21 Bonita Ningsih
candi borobudur
Pemandangan matahari terbit dilihat dari Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Foto: Dok. 123RF

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah diberikan amanat oleh Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia. Lima DSP tersebut adalah Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Setiap daerah memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. Apalagi, lima daerah tersebut dinilai memiliki potensi yang besar untuk dijadikan Bali Baru oleh pemerintah. Oleh sebab itu, lima daerah ini wajib masuk ke dalam daftar kunjungan wisata setiap wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebelum berkunjung ke lima daerah tersebut, ada baiknya lihat keunikan apa saja yang ada di masing-masing daerah. Dalam hal ini, RedDoorz mencoba memberikan ulasan dan informasi terkait keunikan masing-masing lima DSP tersebut.

1. Borobudur

Wisatawan domestik maupun mancanegara pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Candi Borobudur. Tempat ini menjadi salah satu keajaiban dunia yang berada di provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur juga dikenal sebagai objek wisata tunggal Tanah Air yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Didirikan sekitar tahun 800-an Masehi, Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Keunikannya tersebut membawa banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung. Bahkan, sebelum pandemi, tepatnya tahun 2019, jumlah pengunjung yang datang ke Candi Borobudur mencapai 4,39 juta orang.

BACA JUGA:   Lima Destinasi Super Prioritas Dipercepat Pembangunannya

2. Danau Toba

Indonesia terkenal atas keindahan alamnya, mulai dari pegunungan, pantai, hingga danau. Salah satu wisata alam terkenal di mata dunia adalah Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Tak hanya keindahan alamnya, masyarakat di kawasan Danau Toba juga menjunjung tinggi nilai kearifan lokal. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan berpotensi untuk meningkatkan pariwisata daerahnya.

Daya tarik lainnya adalah kehadiran Pulau Samosir, yaitu sebuah pulau vulkanik yang berada tepat di tengah Danau Toba. Keindahan Pulau Samosir juga layak untuk dimasukkan daftar destinasi saat berkunjung ke Danau Toba.

3. Labuan Bajo

Destinasi ini menjadi terkenal dalam dua tahun terakhir karena memiliki Pulau Komodo yang menjadi habitat asli Komodo di dunia. Wisatawan juga dapat mengunjungi pulau lain di sekitarnya dengan cara berlayar dan menjelajah Labuan Bajo.

Terdapat keindahan alam bawah laut yang dapat dinikmati dengan cara snorkeling. Bagi yang ingin melakukan trekking dapat dilakukan di Pulau Padar sambil menikmati keindahan matahari terbenam di sana. Wisatawan juga dapat melihat ribuan kelelawar keluar dari sarang saat matahari mulai tenggelam di Pulau Kalong.

BACA JUGA:   Incheon, Destinasi MICE Terdekat dari Dunia

4. Mandalika

Beberapa waktu lalu, nama Mandalika sempat ramai diperbincangkan dengan adanya perhelatan MotoGP. Rencananya, event dunia ini akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2021. Namun, acara ini resmi diundur di tahun depan melihat kondisi yang masih belum memungkinkan.

Meski demikian, Mandalika memiliki jenis wisata lainnya yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Dalam hal ini, Mandalika memiliki keunggulan wisata bahari dengan pesona bawah laut yang memukau.

Mengulik sejarahnya, nama Mandalika berasal dari seorang tokoh legenda Putri Mandalika yang terkenal dengan paras cantiknya. Setiap tahunnya, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika. Perayaan ini menjadi budaya yang unik sehingga menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional saat berada di Mandalika.

5. Likupang

Banyak masyarakat yang mungkin masih asing mendengar nama Likupang. Padahal, daerah ini memiliki banyak wisata yang diunggulkan. Berada di Provinsi Sulawesi Utara, Likupang memiliki wisata bahari dengan pantai berpasir putih, lautan biru, dan panorama bawah laut yang indah.

BACA JUGA:   Menikmati Singapura dengan Walking Tour

Wisatawan yang gemar menyelam akan sangat dimanjakan dengan panorama bawah laut yang kaya dengan keindahan. Dengan potensi tersebut, Likupang memiliki kesempatan untuk menjadi terkenal seperti Bunaken yang mampu mencuri hati para wisatawan domestik dan mancanegara.

Hingga saat ini, pemerintah masih melakukan pembangunan infrastruktur ke daerah tersebut agar dapat memudahkan akses para wisatawan.

Mohit Gandas, Presiden Direktur RedDoorz Indonesia, mengatakan, “Kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk memopulerkan kelima destinasi super prioritas (DSP) ini dengan menghadirkan penginapan yang nyaman dan aman. Kami juga akan terus berupaya menghadirkan penginapan yang bersertifikasi HygienePass di sekitar DSP dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang telah ditetapkan.”