Likupang Akan Dijadikan Destinasi Sport Tourism

Saturday, 06 March 21 Harry Purnama

Sejak ditetapkan menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas, pembangunan infrastruktur dasar di Likupang mulai terlihat, antara lain jalan raya dan pembangunan homestay di desa wisata.

Dalam kunjungan kerjanya ke Likupang pada 5-6 Maret 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, “Likupang ini boleh dibilang sebuah tempat yang sangat cocok untuk penyelenggaraan MICE yang digabung dengan sport tourism. Jadi, mungkin paket meeting-nya 3 hari, olahraganya 2 hari sehingga okupansinya bisa terisi secara efisien.”

(Baca juga: Sandiaga Uno: Likupang Butuh Jaringan. Tolong Diviralkan!)

Untuk mempromosikan Likupang sebagai destinasi sport tourism, Sandiaga melakukan trial mini triathlon dengan berenang dan berlari di sekitar kawasan Paradise Hotel. Kehadiran Sandiaga ini juga menegaskan dukungan pemerintah untuk pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism di Likupang ini.

BACA JUGA:   Cerita Kopi dari Tapanuli Utara

Dalam waktu dekat, tepatnya pada 3 April 2021, di Likupang akan ada event Likupang Duathlon yang diadakan oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata). Kemudian pada bulan Mei juga akan ada rangkaian Indonesia Triathlon Series di Likupang.

“Saya sangat mendorong kalau ada lebih banyak sport event, terutama olahraga yang berbasis air,” ujar Sandi.

(Baca juga: Sandiaga Uno Menguji Kelaikan Jalur Triathlon di Likupang)

Sandiaga menambahkan, di Likupang juga ada tempat untuk kayaking, serta tidak terlalu jauh juga ada mangrove sehingga bisa juga dijadikan mangrove tourism.

“Namun, yang paling saya dorong adalah desa wisata. Di sini selain daripada MICE dan sport tourism, memang ada tujuh desa wisata yang kami sedang kembangkan,” ujar Sandi.

BACA JUGA:   Gyeonggi, Destinasi MICE Anda

Sandi berharap kehadirannya di Likupang ini bisa menebar harapan dan momentum kebangkitan dengan seiring menurunnya kembali covid-19.

“Kita giatkan lagi pariwisata untuk membangkitkan ekonomi rakyat, membuka lapangan kerja, dan yang terpenting adalah semangat momentum untuk bangkit. Ini yang perlu kita lakukan,” ujar Sandiaga Uno.

(Baca juga: Sandiaga Uno Harapkan Bandara Baru Sam Ratulangi Miliki Creative Hub)

“Kehadiran saya di sini adalah menegaskan bahwa pariwisata adalah bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah,” ujar Sandiaga.

Namun, di sisi lain, Sandiaga Uno mengatakan bahwa KEK Likupang masih memiliki dua pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan. Yang pertama adalah perbaikan jalan menuju Likupang yang perlu ditingkatkan. Lalu, yang kedua adalah soal minimnya jaringan internet dan sinyal di kawasan Likupang.

BACA JUGA:   Mendaki Atap Borneo

“Saya tadi malam (5 Maret 2021) langsung clubhouse dengan pak Wishnutama. Saya laporkan bahwa semua provider jaringannya perlu perbaikan. Itu catatan yang paling utama,” ujar Sandiaga.

“Jangankan ngomongin yang 4G, jaringan yang dasar saja tidak ada. Saya juga akan hubungi Menkominfo Johnny G. Plate, Beliau akan bergerak cepat memasang BTS di spot-spot MICE dan sport tourism,” ujar Sandi.