Wisata Kekinian di Sungailiat, Coba ke De Locomotief

Wednesday, 25 September 19 Harry Purnama

Pulau Bangka memiliki banyak pantai indah yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai, baik bersama teman maupun keluarga. Namun, obyek wisata pantai yang digabungkan dengan fasilitas spot-spot foto Instagramable, mungkin hanya ada di De Locomotief yang berada di area pantai Tongaci, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Destinasi wisata yang baru dikembangkan pada tahun 2015 ini menawarkan banyak spot foto, utamanya dengan latar puluhan payung berwarna-warni yang ada di atas maupun di samping jalan. Untuk hasil foto terbaik, silakan datang pada sore hingga malam hari karena sorot lampu membuat foto Anda jadi lebih berwarna.

Selain spot foto-foto, De Locomotief juga memiliki sejumlah fasilitas lainnya, seperti galeri seni, perpustakaan, restoran, museum, penangkaran penyu, flying fox, banana boat, jet ski, parasailing, restoran, hingga tempat ngopi. Di tempat ini juga bisa diadakan berbagai macam event, sebab sudah tersedia fasilitas panggung di tepi pantai serta area terbuka yang luas.

Edo Firdaus, Manajer De Locomotief, mengatakan, “Tempat ini memang ditujukan untuk wisata keluarga dan edukasi.”

“Di sini juga ada penginapan yang terbuat dari kontainer. Jumlahnya ada delapan buah. Harganya Rp400.000 kalau weekday, dan Rp500.000 kalau weekend,” ujar Edo.

Untuk masuk ke De Locomotief, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000. Namun, tiket masuk tersebut bisa ditukarkan kembali apabila melakukan transaksi minimal Rp50.000. Tempat wisata seluas dua hektare ini buka setiap hari, dari pukul 10 pagi sampai 11 malam. Edo mengatakan, rata-rata De Locomotief dikunjungi 100 orang per harinya.

“Untuk wisman, yang datang kebanyakan dari Cina,” ujar Edo.