Wisata Offroad di Puncak Bogor

Sunday, 02 June 19 0 Comments   Bonita Ningsih
Jeep Station Indonesia

Berlibur bersama keluarga memang sangat menyenangkan, apalagi dengan suasana dan udara sejuk seperti di kawasan Puncak, Bogor. Bagi Anda yang ingin berlibur ke daerah Bogor, tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Jeep Station Indonesia (JSI) yang berlokasi di Desa Sukagalih, Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jeep Station Indonesia menjadi referensi yang tepat karena tempat ini memiliki fasilitas menginap yang unik. Resor ini memiliki penginapan berupa cluster yang terbagi atas tiga jenis, yakni cluster tenda, vila kayu, dan kontainer. Biasanya, para tamu lebih tertarik menginap di kontainer dengan jenis double deck lantaran memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Bentukan cluster kontainer disusun bertingkat dengan tampilan cat warna-warni. Para tamu bisa memanfaatkan keunikan cluster kontainer untuk foto bersama keluarga karena pemandangan yang dihadirkan sangat Instagramable.

Tidak hanya menyajikan penginapan yang unik, Jeep Station Indonesia juga menyediakan fasilitas outdoor yang menarik. Jeep Station Indonesia memiliki konsep offroad adventure dengan fasilitas track offroad permanen. Bahkan, track ini merupakan satu-satunya di Indonesia dan telah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Para tamu akan diajak offroad menggunakan mobil jip dan akan menelusuri beberapa track yang sudah ditentukan. Konsep yang diusung Jeep Station Indonesia ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas ekstrem di luar ruangan.

Kendati terbilang ekstrem, kegiatan ini dapat dinikmati semua kalangan umur. Pengelola tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengunjungnya sehingga kegiatan ini ramah dengan anak-anak. Kendaraan offroad yang disediakan dijamin keamanannya karena hampir setiap sisi ditutupi oleh pelindung sehingga tamu yang datang dengan keluarga akan merasa nyaman berada di dalamnya.

Pengunjung akan diajak berkeliling di area seluas 32 hektare menggunakan mobil jip melewati berbagai lintasan yang menantang, seperti track skybridge yang cukup curam, obstacle deep water, obstacle batu, dan obstacle yang membuat mobil menjadi miring. Selain itu, pengunjung juga bisa memacu adrenaline di track stair dan jungle offroad.

Track yang disediakan JSI memang cukup lengkap, mulai dari lumpur, bebatuan, ketinggian, dan kemiringan. Setiap track juga memiliki tantangannya masing-masing, namun yang pasti kegiatan ini mampu mengacu adrenalin setiap orang yang mengikuti offroad ini.

Saat melewati track bebatuan, Anda akan merasakan sensasi tubuh berguncang. Apalagi, saat melewati lintasan yang sempit dan banyak batu, goncangan mobil akan semakin dahsyat dan tanpa disadari Anda akan berteriak sambil menikmati goncangan tersebut. Meskipun terbilang ekstrem, Anda tidak perlu khawatir karena di setiap mobil akan disediakan pegangan tangan untuk menjaga tubuh Anda agar tidak terjatuh.

Salah satu pengemudi jip, Eko Setiawan, mengatakan, faktor keselamatan dan kenyamanan sangat diutamakan di sini. Selain menyediakan pegangan tangan di dalam mobil, Eko juga membatasi jumlah penumpang saat offroad menggunakan mobil jip jenis Land Rover.

“Jip ini sebenarnya bisa muat banyak orang, bisa 10 orang lebih. Tapi kalau untuk offroad ini, kita batasi paling banyak 7 orang sama sopir. Ini biar tidak dempet-dempetan di dalam, jadi penumpang bisa lebih leluasa dan nyaman,” kata Eko.

Perjalanan offroad Anda tidak akan berhenti sampai di sini. Usai melewati track bebatuan, Anda akan dibawa ke jungle offroad. Di sini pengunjung akan dibawa keliling hutan yang terletak di kaki Gunung Halimun Salak. Pemandangan alam yang indah tersaji selama menyusuri hutan. Pengunjung juga akan disambut dengan hamparan kebun teh yang luas dan memanjakan mata.

Setelah melewati area hutan, Anda akan dibawa ke daerah yang lebih tinggi untuk menikmati pemandangan yang lebih menawan. Udara sejuk nan asri menjadi pelengkap dari perjalanan ini. Di sana, para pengunjung akan dibawa ke tempat peristirahatan untuk sekadar menikmati indahnya pemandangan sambil duduk-duduk santai di rumah singgah. Bagi yang ingin melepas dahaga, tersedia juga warung kecil di sana yang menjual minuman dan juga makanan.

Sudah puas bersantai dan mencicipi hidangan di atas gunung, pengunjung akan dibawa kembali ke tempat penginapannya masing-masing. Kurang lebih tiga jam waktu perjalanan yang akan ditempuh dalam jungle offroad. Namun, untuk menikmati jungle offroad, Anda harus mengajak minimal 20 orang dalam satu kali perjalanan.

Harga yang ditawarkan untuk menikmati jungle offroad ialah Rp500.000 per orang, sedangkan untuk tamu di bawah 20 orang dapat menikmati paket offroad di JSI dengan harga Rp500.000 per 30 menit menggunakan mobil jip jenis bugi.

Harga-harga tersebut belum termasuk sewa penginapan di cluster JSI yang harganya bisa berubah-ubah. Menuju libur panjang Lebaran, JSI menawarkan harga penginapan berkisar Rp726.000 hingga Rp5,7 juta per malam.