ASEAN Tourism Forum 2019 Dihadiri 1.500 Delegasi

Tuesday, 15 January 19 Harry Purnama
ASEAN Tourism Forum 2019

Perhelatan ASEAN Tourism Forum 2019 dimulai kemarin, 14 Januari 2018, di Ha Long, Vietnam, ditandai dengan pertemuan oleh delegasi kementerian dan NTO. Sekitar 1.500 delegasi diperkirakan akan menghadiri lebih dari 100 pertemuan bisnis, acara edukasi, dan kegiatan sosial selama seminggu penuh acara ini, yang diselingi dengan tiga hari kegiatan TRAVEX.

Tahun ini, para pelaku wisata terbaik dari 10 negara anggota ASEAN hadir di Vietnam. Tuan rumah Vietnam sangat bangga menghadirkan 70 seller industri pariwisata terbaik di negaranya dalam pameran ATF edisi ke-34 ini.

Destinasi regional ASEAN tak hanya memikat negara-negara di Asia Tenggara, tapi juga memikat buyer dunia. Hal itu ditandai hadirnya buyer dari 53 negara, di antaranya Australia, Azerbaijan, Cina, Prancis, Jerman, India, Lebanon, Malaysia, Moroko, Korea Selatan, Swedia, Thailand, Polandia, dan Rusia. Lebih dari 140 media lokal dan internasional juga menghadiri kegiatan ASEAN Tourism Forum 2019 ini.

Diperkirakan sekitar 10.000 pertemuan bisnis antara seller dan buyer akan terjadi pada pameran ini. Seluruh peserta telah membuat janji jauh hari sebelum ASEAN Tourism Forum ke-38 dimulai.

ASEAN Tourism Forum 2019 akan terdiri dari sekitar 75 sesi resmi, ditambah beragam pre-tour yang ditujukan untuk seluruh delegasi. Total, ada 15 tur yang akan diselenggarakan selama empat hari, antara lain berlayar ke Ha Long Bay, city tour Lan Ha Bay-Hai Phong City, serta wisata ke gunung Yen Tu dan Ninh Binh.

Selain itu, Vietnam National Administration of Tourism (VNAT) bersama sejumlah provinsi di Vietnam juga telah menyiapkan beberapa acara, misalnya berlayar menyusuri Saigon-Ho Chi Minh City menggunakan Ha Long Princess Cruise bagi media internasional, Opening Ceremony serta Welcome Reception dan Dinner oleh VNAT bagi seluruh delegasi, TRAVEX Lunch oleh Quang Ninh bagi media dan buyer, serta Closing Ceremony untuk seluruh delegasi.

Sektor swasta dan destinasi lain di ASEAN juga turut berkontribusi dengan menghadirkan sejumlah program, seperti Friendly Golf Game untuk seluruh delegasi, TRAVEX Lunch oleh FLC, Brunei Night Reception, dan Philippines Night Late Night Function untuk buyer dan media.

H.E. Nguyen Ngoc Thien, Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, mengatakan, “Masyarakat provinsi Quang Ninh sangat bangga menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum 2019, serta menyambut seluruh delegasi untuk menikmati petualangan di Ha Long Bay, sebuah UNESCO World Heritage Site. Kami harap seluruh delegasi mendapatkan pengalaman yang paling menyenangkan.”