Grup MICE ke Jepang Dapat Subsidi Dana Hingga 300.000 JPY

Thursday, 17 January 19   19 Views   0 Comments   Bayu Hari

Japan National Tourism Organization (JNTO) menggelar Japan Incentive Seminar pada 16 Januari 2019 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Mengusung tema “New Ideas Start Here”, acara ini diikuti oleh 13 seller asal Jepang yang terdiri biro pemasar destinasi, biro perjalanan, hotel, dan pengelola venue. Adapun buyer yang hadir berjumlah lebih dari 30 perusahaan biro perjalanan di Indonesia.

Menurut Izumi Amano, Executive Director JNTO Jakarta Office, turis MICE asal Indonesia yang bertandang ke Jepang terus bertumbuh. Pada 2017, ada sekitar 43 grup dengan 2.731 peserta yang mendapat dukungan dari JNTO Jakarta Office. “Sebenarnya turis MICE Indonesia yang datang lebih dari itu karena kami hanya mencatat grup yang meminta dukungan kepada kami,” kata Amano.

Dari 43 grup itu, sebagian besar mengunjungi Kanto (40 persen), Kinki (26 persen), Chubu (24 persen), Hokkaido (7 persen), Kyushu (3 persen), dan Chugoku Shikoku (1 persen). Grup wisata insentif itu rerata berjumlah 30-50 peserta dengan lama tinggal sekitar 5-8 hari.

Untuk meningkatkan kunjungan turis MICE, pada tahun ini JNTO pun memberikan berbagai program dukungan untuk biro perjalanan asal Indonesia yang akan membawa grup ke Jepang. Bentuk dukungannya mulai dari memberikan informasi venue yang dapat digunakan, welcome gift, hingga memfasilitasi site inspection. “Kami juga akan membantu menghubungi convention bureau lokal untuk mendapatkan dukungan/subsidi dari pemerintah kota,” katanya.

Lebih lanjut Amano menjelaskan, convention bureau di sebuah kota memiliki support program yang berbeda dengan kota lainnya. Semisal Kanazawa Convention Bureau yang memberikan subsidi 2/3 total biaya untuk pertunjukan seni budaya di destinasi (maksimum 300.000 JPY) dan subsidi 2/3 dari total biaya yang dikeluarkan biro perjalanan untuk kerajinan suvenir (maksimum 200.000 JPY).

Sementara itu, Kobe Tourism Bureau memberikan subsidi dana untuk biaya promosi/iklan kepada biro perjalanan. Selain itu juga ada bantuan dana sebesar 50.000 JPY untuk grup dengan 20 peserta lebih yang menginap di Kobe. Bahkan, Kobe Tourism Bureau juga akan memberikan bantuan dana sebesar 300.000 JPY untuk grup yang menginap 50 malam (50 orang menginap di Kobe atau 25 orang menginap 2 malam).