Asia Pasifik Bersiap Menyambut Kemeriahan Likupang Tourism Festival 2024

Tuesday, 28 May 24 Khanisa Azahra

Pariwisata Indonesia kembali mendapat sorotan internasional dengan diselenggarakannya Likupang Tourism Festival 2024 yang bertepatan dengan First Session of the 2024 UCLG ASPAC Executive Bureau di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Perhelatan akbar ini diharapkan dapat menciptakan sinergi positif antara sektor pariwisata dan pembangunan berkelanjutan, serta mengoptimalkan potensi pariwisata daerah sekaligus memperkuat kerja sama antar-kota di kawasan Asia Pasifik.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan bahwa United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) akan menggelar First Session of the 2024 Executive Bureau pada 5-7 Juni 2024 di Likupang atau Minahasa Utara. Dengan tema “Enhancing Sustainable Tourism and Creative Economy through Asia Pacific Collaboration,” acara ini melibatkan lebih dari 7.000 pemerintah daerah untuk saling berbagi pengalaman dan praktik terbaik.

BACA JUGA:   Karya 12 Seniman Hadir dalam Koreans Week 2023 di Salihara

Joune James Esau Ganda, Bupati Minahasa Utara, menegaskan kesiapan daerahnya sebagai tuan rumah. Fasilitas Paradise Hotel Gold and Resort telah diperluas dengan penambahan 36 hall untuk mengakomodasi peserta yang hadir. Sejumlah kegiatan menarik akan digelar, seperti pameran produk lokal, kunjungan ke panel surya terbesar di Indonesia, penanaman mangrove, pelepasan tukik, pencanangan health tourism, peresmian sekolah sehat, serta pembukaan maritim logistik corner.

Muhammad Ridwan, Program Officer UCLG ASPAC, menjelaskan bahwa tema kegiatan ini dipilih sesuai dengan fokus Minahasa Utara pada pariwisata dan ekonomi kreatif, yang merupakan prioritas pembangunan Indonesia. Menurutnya, UCLG ASPAC berperan sebagai knowledge hub yang memfasilitasi pertukaran pengalaman dan praktik terbaik antara pemimpin daerah di Asia Pasifik, serta membangun jaringan kerja sama antarkota.

BACA JUGA:   Pameran China Homelife Indonesia Ciptakan Peluang Investasi di Indonesia

Dukungan penuh terhadap event ini juga disuarakan oleh Ketua Umum TEPANAS, Panca R. Sarungu, yang juga Staf Khusus Bupati Minahasa Utara Bidang Promosi DSP Likupang. Ia menyoroti pentingnya mendukung kegiatan di destinasi super prioritas seperti Likupang, setelah sukses mendukungan event-event besar lainnya di Indonesia.

Martini M. Paham, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, menyambut baik kolaborasi ini sebagai contoh sinergi dan pembelajaran yang bermanfaat bagi semua pihak. Menurutnya, diharapkan kegiatan ini tidak hanya menghasilkan output, tetapi juga outcome yang dapat membangkitkan perekonomian dan mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

BACA JUGA:   Menggenjot Promosi Kuningan Melalui Tour de Linggarjati 2017

Dengan antusiasme tinggi dari berbagai pihak, Likupang Tourism Festival 2024 dan The First Session of the 2024 UCLG ASPAC Executive Bureau berpotensi menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia di kancah internasional. Melalui kerja sama ini, diharapkan Minahasa Utara dan destinasi-destinasi lainnya di Indonesia dapat semakin dikenal dan menarik minat wisatawan mancanegara, sekaligus membuka peluang investasi dan kerja sama ekonomi yang lebih luas.