Batik Bordir & Aksesoris Fair 2018 Semakin Besar

Wednesday, 02 May 18   51 Views   0 Comments   Harry Purnama
Suasana Batik Bordir & Aksesoris Fair 2017.

Pameran Batik Bordir & Aksesoris Fair kembali digelar pada 9-13 Mei 2018 bertempat di Grand City Surabaya. Acara yang telah diadakan untuk ke-13 kalinya ini diselenggarakan atas dukungan dan kerja sama PT Debindo Mitra Tama bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Batik Bordir & Aksesoris Fair 2018 diikuti lebih dari 250 stan peserta. Pameran ini akan menampilkan berbagai produk, desain, dan motif pilihan baik tradisional, etnik, maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan perajin batik, bordir, tenun, songket, sulaman, busana tradisional, serta beragam produk fashion dan aksesoris pilihan terkini.

Setelah sukses dengan tema “The Amazing Natural Colors of East Java” pada 2017, kali ini industri tenun menjadi ikon Batik Bordir & Aksesoris Fair 2018 melalui tema “The Allurement of Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri”. Tenun menjadi salah satu industri kerajinan asli daerah   yang harus diperkenalkan secara berkelanjutan kepada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagai produk fashion yang mempunyai daya tarik dan daya saing tinggi. Selain itu, ada pengembangan area pameran Batik Bordir & Aksesoris Fair 2018 di open space yang meliputi area Kampung Kopi dan Jajanan Jawa Timur.

Batik Bordir & Aksesoris Fair 2018 digelar dengan maksud dan tujuan memberi apresiasi dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para pengusaha serta perajin batik, bordir, dan tenun untuk dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan kreativitas, produktivitas, maupun jaringan pasar secara maksimal di pasar global sekaligus menempatkan batik sebagai warisan budaya bangsa yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan di dalam negeri maupun mancanegara.

Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah dalam rangka peningkatan produksi dan penyerapan pasar secara optimal bagi para perajin batik, tenun, dan bordir adalah membangun image dan apresiasi serta kerangka promosi yang regular dan berkelanjutan terhadap perkembangan industri batik nasional sebagai warisan budaya bangsa.

Selain pameran batik, bordir, dan aksesoris, Batik Bordir & Aksesoris Fair 2018 juga memiliki serangkaian program pendukung, di antaranya lomba menyanyi, lomba modelling, fashion show, workshop batik, talk show, dan pertunjukan musik.

Pada 2017, Batik Bordir & Aksesoris Fair menggunakan lahan seluas 4.042 meter persegi yang diisi 219 stan dan dikunjungi 48.500 orang. Untuk tahun ini, panitia menggunakan area seluas 4.650 meter persegi dengan jumlah 259 stan.