Digelar di Danau Toba, Event F1 PowerBoat Diprediksi Memberikan Dampak Ekonomi Sebesar Rp212 Miliar 

Tuesday, 14 February 23 Bonita Ningsih

Indonesia akan menjadi tuan rumah pagelaran event olahraga air, F1 PowerBoat, pada tanggal 24-26 Februari 2023. Event balap powerboat (jet air) dengan level tertinggi dunia ini akan diselenggarakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara.

Dalam pelaksanaannya, event F1 PowerBoat mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, juga sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi acara beberapa waktu lalu. 

Saat menghadiri “Weekly Brief with Sandi Uno”, Menparekraf, bercerita tentang persiapan event olahraga air ini yang sudah memasuki tahap akhir. Menurut Sandiaga, seluruh persiapan di kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, yang menjadi lokasi acara utama sudah berjalan sesuai rencana. 

“Lokasi yang menjadi main venue terpantau sudah berjalan sesuai rencana. Semuanya sudah masuk persiapan tahap akhir, termasuk tribun penonton yang sudah terpasang kursi,” kata Sandiaga dalam “Weekly Brief with Sandi Uno” yang digelar hybrid pada 13 Februari 2023.

BACA JUGA:   Hadir di Venue Baru, Art Jakarta 2023 Berhasil Datangkan 35.578 Pengunjung

Lebih dari itu, pembangunan infrastruktur mulai dari dry paddock hingga wet paddock juga sudah memasuki tahap akhir. Selain infrastruktur, pihaknya juga telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal dengan melibatkan masyarakat lokal di dalamnya.

Untuk menyiapkan SDM andal, Kemenparekraf melakukan kolaborasi dengan kementerian/lembaga dan juga pihak terkait lainnya. Masyarakat lokal diajak ikut andil untuk menyukseskan acara ini melalui persiapan homestay, paket desa wisata, hingga pengembangan produk-produk UMKM.

Sebelumnya, Kemenparekraf, juga sudah melakukan pendampingan mulai dari pelatihan hospitality, sosialisasi sadar wisata, dan lainnya. Pelatihan tersebut dilakukan untuk menguatkan rantai pasok di hotel atau homestay agar dapat menggunakan produk-produk lokal untuk kebutuhan para tamunya. 

BACA JUGA:   Indofest – Indofishing Show 2020 Sukses Sedot 45.000 Pengunjung

“Jadi, tidak hanya infrastruktur saja, tetapi juga SDM yang sudah kami sediakan sehingga semuanya on track. Pelatihan hospitality juga sangat penting kita lakukan di sini, jangan sampai wisatawan yang datang ke Danau Toba akan merasa kecewa kalau hospitality kita tidak baik,” jelas Sandiaga.

Dengan segala persiapan tersebut, Kemenparekraf, menargetkan event ini mampu menghadirkan 25ribu wisatawan ke Danau Toba. Target tersebut sudah termasuk kehadiran atlet, official, kru, penonton, dan lainnya.

“Kami juga berharap ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan 3,7 persen dalam dua tahun pascaevent ini berlangsung. Kami juga gabungkan dalam gerakan bangga berwisata Indonesia karena target kita saat ini adalah 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,” ucapnya lagi.

BACA JUGA:   Visit Beautiful West Sumatra 2023 Hadirkan 85 Event Dalam Setahun

Tak hanya itu, F1 PowerBoat juga diprediksi akan meraih 180 juta impresi media digital dan dampak ekonomi Rp212 miliar terhadap ekonomi Provinsi Sumatera Utara. Target tersebut optimistis diraih karena saat ini seluruh tiket masuk F1 PowerBoat sudah terjual habis. 

“Tetapi, saya mendapatkan info kalau pihak penyelenggara akan menjual kembali tiket masuk ke F1 PowerBoat. Jika sebelumnya tiket dibeli melalui online, kali ini tiket hanya bisa dibeli secara langsung atau offline,” ujar Sandiaga.