Festival Bunga Tomohon Hadirkan Karnaval Kendaraan Hias hingga Parade Fesyen

Thursday, 10 August 23 Bonita Ningsih

Memiliki sumber daya alam yang subur, Tomohon, Sulawesi Utara, hadir sebagai kota penghasil bunga terbesar di Indonesia. Berada di ketinggian 900-1.100 mdpl, Tomohon, dianugerahi berbagai jenis bunga mulai dari  krisan putih cerah dan kuning, dahlia merah dan ungu, lili, mawar dan lainnya.

Melihat potensi tersebut, Pemerintah Kota Tomohon, berinisiatif untuk menggelar sebuah acara berskala besar di setiap musim bunga tiba yaitu bulan Juli atau Agustus. Seperti halnya yang saat ini dilakukan yaitu menyelenggarakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) atau Festival Bunga Tomohon pada tanggal 8 hingga 12 Agustus 2023 di Panggung Rakyat Tomohon. 

Festival Bunga Tomohon merupakan kegiatan karnaval bertema bunga yang dikreasikan melalui parade fesyen karnaval hingga truk/mobil yang dibalut ribuan bunga krisan. Penanggung Jawab Float TIFF, Indra Salam, mengatakan dalam satu float (truk/mobil hias) menggunakan bunga krisan lebih dari 8.000 bunga hasil dari petani Tomohon.

BACA JUGA:   ASTINDO Gelar Dubai Virtual Travel Mart Jelang Expo 2020

Untuk tahun ini, Festival Bunga Tomohon melibatkan sekitar 20 petani yang sekaligus berpartisipasi dalam acara ini. Nantinya, seluruh peserta karnaval akan tampil secara bersamaan dalam parade bunga yang menampilkan fesyen dan kendaraan hias. Parade bunga juga dijadikan puncak acara Festival Bunga Tomohon yang akan digelar pada tanggal 12 Agustus 2023 mendatang.

Dalam penyelenggaraannya, Festival Bunga Tomohon, mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dukungan tersebut mengalir lantaran festival ini memberikan dampak luas bagi masyarakat khususnya menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kami berharap acara ini dapat menjadi lokomotif event nusantara di mana Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf telah menetapkan TIFF sebagai event berkelas nasional dan siap go international,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

BACA JUGA:   TIFF: Festival Bunga Terbaik

Menurut Sandiaga, festival ini memiliki unique selling point yaitu bunga krisan yang merupakan bunga asli hasil pertanian masyarakat lokal Tomohon. Dengan keunikan tersebut, TIFF, diharapkan dapat terus meningkat agar Indonesia memiliki event-event berkelas dunia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo. 

“Apalagi satu float ini bisa membuka 6 sampai 10 lapangan kerja dan dampak terhadap ekosistem bunga ini sangat besar sehingga 30 float yang hadir ini bisa membuka peluang bagi 300 lebih lapangan kerja langsung dan ribuan lapangan kerja tidak langsung,”jelas Sandiaga.

BACA JUGA:   Hari Belanja Diskon Indonesia, Pesta Belanja Offline Terbesar di Indonesia

Sandiaga juga mendorong Festival Bunga Tomohon ini terus ditingkatkan skala penyelenggaraan di tiap tahunnya. Hal ini dilakukan demi terciptanya 4,4 lapangan kerja baru dan mendorong 8,5 juta wisatawan mancanegara serta 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara.

Wali Kota Tomohon, Caroll Joram Azzarias Sendu, menjelaskan acara ini mampu memperkuat tiga pembangunan yaitu ekonomi, masyarakat, dan lingkungan. TIFF 2023 yang masuk 110 Kharisma Event Nusantara ini juga diharapkan dapat menggairahkan pariwisata Indonesia. Oleh sebabnya, acara ini diproyeksikan mampu mendatangkan 300 ribu wisatawan nusantara maupun mancanegara.