FLOII Convex 2022 Dukung Peluang Bisnis Tanaman Hias

Friday, 14 October 22 Harry

Asosiasi Perhimpunan Florikultura Indonesia bersama dengan Indonesian Aroid Society bekerja sama dengan QUAD Event secara resmi menyelenggarakan acara Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) 2022 pada tanggal 14-16 Oktober 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center.

Bayu Sumarijanto, Ketua Pelaksana FLOII 2022, mengatakan, persiapan pameran ini hanya berlangsung dua bulan. “Semuanya bermula ketika saya melakukan kunjungan ke Thailand, dan kami melihat betapa besarnya potensi tanaman hias Indonesia. Soalnya, banyak tanaman Indonesia yang dipamerkan di luar negeri, dan itu bisa menjadi potensi ekspor yang besar,” ujar Bayu dalam acara pembukaan Floriculture Indonesia International Convex 2022.

Bayu mengatakan, pada Floriculture Indonesia International Convex 2022 selain akan ada pameran beebagai tanaman hias, juga akan ada konferensi yang bertujuan agar ekosistem industri ini bisa berkembang lebih jauh.

BACA JUGA:   Kementerian Pariwisata Selenggarakan Festival Pesona Fesyen dan Hijab Indonesia 2017

Selain itu, juga akan ada lelang tanaman hias. Karena ini berskala internasional, maka sudah dipastikan akan ada buyer dari luar negeri yang datang untuk mengikuti lelang, antara lain dari Thailand, Filipina, dan Malaysia.

“Lalu, ada juga kompetisi tanaman hias berbagai jenis,” ujar Bayu.

Rosy Nur Aprianty, Ketua Umum Perhimpunan Flouriculture Indonesia, mengatakan, pandemi membuat hobi tanaman hias meningkat tinggi, terutama pada tahun 2020-2021.

“Kami melihat bahwa tanaman hias punya banyak fungsi, tidak hanya hobi, tapi juga peluang bisnis,” ujar Rosy.

Karena itu, Rosy berharap melalui acara FLOII Convex ini animo masyarakat untuk memelihara tidak turun, jangan hanya ramai saat pandemi, tapi juga di tahun-tahun berikutnya.

“Semoga tahun depan kami bisa menyelenggarakan acara yang lebih besar lagi,” ujar Rosy. Florikultur merupakan sebuah disiplin ilmu yang terkait dengan pembudidayaan tanaman berbunga dan tanaman hias. Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) dikembangkan dengan tujuan untuk memfasilitasi semua pihak yang berkepentingan untuk bekerja sama mengembangkan industri tanaman hias di Indonesia. FLOII 2022 mempromosikan serta mendukung pengelolaan tanaman hias, konservasi keanekaragaman hayati, transaksi bisnis, hingga menampilkan display tanaman hias terlengkap.

Floriculture Indonesia International Convex 2022 mengangkat tema “Empowering Mindscapes and Transforming Indonesia Tropical Plants Industry” yang diharapkan menjadi titik awal dalam menyusun rencana strategis industri tanaman hias Indonesia dan menjadi salah satu event internasional yang diakui dunia sebagai pameran keanekaragaman hayati terlengkap dan pusat bisnis yang efektif.