Front Row Paris 2023 Hadirkan Fashion Show hingga Pameran

Monday, 28 August 23 Bonita Ningsih

Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Ditali Cipta Kreatif kembali menggelar Front Row Paris di tahun ini. Memasuki penyelenggaraan ke-4, Front Row Paris, akan digelar pada 2 September 2023 di The Westin Paris-Vendome, Kota Paris, Perancis.

Front Row Paris merupakan ajang fesyen tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan keunggulan fesyen Indonesia dan memperkenalkan potensi desainer lokal ke ajang internasional. Acara ini juga akan memperkenalkan jenama fesyen Indonesia yang telah siap memasuki pasar global, khususnya Eropa.

“Berawal dari pengalaman bisnis saya yang ingin membawa produk Indonesia ke pasar ekspor, makanya, saya sering melakukan banyak trade show di luar negeri. Dari sana, saya berpikir mengapa tidak menggelar sebuah kegiatan di luar negeri khususnya Eropa,” ujar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Melalui acara ini juga, ia ingin mengajak desainer dan jenama fesyen Indonesia untuk mengkurasi dan mengembangkan produknya di pasar Eropa. Hal ini sejalan dengan visi utamanya pihak penyelenggara yaitu ingin melakukan pemerataan kota fesyen di dunia. 

BACA JUGA:   Musisi Papan Atas Indonesia Siap Tampil di IIMS Infinite Live 2023

“Kami paham orang Barat itu sudah paham fesyen dari ratusan tahun yang lalu, namun, mereka masih banyak yang belum mengerti cara berpakaian orang Indonesia. Maka dari itu, acara ini dimaksudkan agar orang Eropa bisa melihat budaya yang sebenarnya dari Indonesia,” jelas Ali lagi.

Tak hanya ingin memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara, acara ini digelar juga sebagai salah satu cara untuk mempelajari fesyen dunia khususnya di Eropa. Pasalnya, cara berpakaian orang-orang Eropa dianggap memiliki pengaruh besar terhadap industri fesyen dunia. 

“Di acara ini, teman-teman juga bisa mengenal budaya Eropa agar bisa memadukan tren sana pada karyanya mereka masing-masing,” dia menambahkan.

Dengan banyaknya manfaat yang dirasakan, pihak penyelenggara akan terus berkomitmen  menggarap acara ini supaya dapat terselenggara secara baik dan rutin. Harapan tersebut sejalan dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen dunia.

BACA JUGA:   Semarang Fashion Trend Kembangkan Wastra Jawa Tengah Menjadi Karya Bernilai Global

“Intinya, melalui acara ini kita mau menjemput bola dengan gaya kita. Bisa memperkenalkan karya-karya dari desainer lokal ke mereka,” ucapnya lagi. 

Tahun ini, Front Row Paris akan menghadirkan fashion show yang menampilkan karya dari 13 desainer dan jenama fesyen Indonesia. Karya-karya tersebut berasal dari Deden Siswanto, Hikmat Fashion, Oleanderbyribie, Rose.Ma.Lina X Sofie, Michelle Liu, BBPPMPV BISPAR X SMKN 4 Balikpapan, Lidia Hadiwinoto, Chatrine Liu, Shannelom Yuma, Binus International Fashion Design, Sofie, Ali Charisma, dan Ivan Gunawan.

Koleksi yang ditampilkan akan memperlihatkan keragaman konten lokal sesuai tren global saat ini. Tak hanya busana konvensional, acara ini juga menghadirkan busana muslim karya anak bangsa. 

BACA JUGA:   Bintan, Ujung Tombak Tarik Wisman di Perbatasan

Masing-masing desainer dan jenama feysen akan menghadirkan 10 karyanya dengan konsep sustainable fashion. Konsep ini diharapkan dapat terus dikembangkan ke depannya karena tengah menjadi perhatian industri fesyen dunia. 

Nantinya, Front Row Paris, akan menghadirkan serangkaian kegiatan mulai dari fashion showcase, business matching, hingga exhibition. Acara ini juga akan dihadiri oleh pembeli dan media internasional yang dilihat dari daftar registrasi.

“Meskipun bukan musim fesyen show, tetapi, yang booking untuk datang sudah banyak. Beberapa negara yang konfirmasi hadir ada Kuwait, Italia, Jerman, Prancis, dan lainnya,” ujar Ali lagi.