Genjot Turis Asal Indonesia, Tourism Malaysia Jakarta Gelar Sales Mission

Wednesday, 16 November 22 Erwin Gumilar
Tourism Malaysia

Tourism Malaysia dan Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia berkolaborasi menggelar kegiatan kunjungan kerja di Indonesia dalam rangka mempromosikan pariwisata Malaysia dari 15 – 17 November 2022.

Sales mission ini dipimpin Mohammad Yusri Mohammad Yusoff, Deputy Secretary General Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, didampingi Iskandar Mirza Mohammad Yusof, Wakil Direktur Jenderal (Perencanaan) Tourism Malaysia.

Kegiatan sales mission ini diikuti 16 agen perjalanan, 2 operator taman hiburan di Malaysia, 12 perwakilan hotel, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), dan Malaysia Airlines. Kali ini, kegiatan sales mission difokuskan pada dua kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Medan.

Dalam sambutannya, Mohammad Yusri menyampaikan harapannya agar program sales mission ini menjadi sarana bagi pelaku industri untuk bersama-sama mengembalikan kondisi industri pariwisata Malaysia. “Kami berharap dengan inisiatif ini, akan membantu meningkatkan lebih ramai lagi kunjungan wisatawan Indonesia ke Malaysia,” kata Yusri saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Hyatt Jakarta.

Sementara itu, menurut Iskandar Mirza Mohammad Yusof, kedua kota ini dipilih karena memiliki akses penerbangan langsung yang baik antara kedua negara. “Kami memilih Medan, mempertimbangkan jarak tempuh yang singkat Medan – Malaysia. Banyak wisatawan Indonesia asal Medan yang berwisata pada akhir pekan. Selain itu, kami juga memiliki kantor perwakilan di Medan, selain Jakarta,” ungkap Mirza.

Bersamaan dengan kegiatan sales mission di Jakarta juga diluncurkan program promosi wisata Malaysia melalui platform e-commerce terbesar di Indonesia, blibli.com, sedangkan program utama di Medan digelar peluncuran kerja sama promosi Malaysia dengan maskapai penerbangan Malaysia Airlines.

Sejak pembukaan pintu masuk ke Malaysia pada 1 April 2022, sampai dengan bulan Juli tahun ini Malaysia telah menerima seramai 435.156 kunjungan wisatawan Indonesia. Tahun ini, Malaysia menyasar sebanyak 9,2 juta wisatawan internasional datang ke Malaysia dengan estimasi pendapatan negara sebesar 26,8 miliar ringgit.

Sales mission ini juga berfokus untuk menjadikan Malaysia sebagai destinasi utama untuk berlibur, perhelatan Meeting incentives Conference Exhibition (MICE) dan belanja untuk wisatawan Indonesia. Malaysia juga menawarkan berbagai produk-produk wisata baru kepada wisatawan Indonesia, seperti Genting Skyworld dan Skytropolis di Genting Highlands serta Menara Merdeka 118 di Kuala Lumpur, yang merupakan bangunan tertinggi kedua di dunia.