Seniman Asal Jepang Yayoi Kusama Gelar Pameran di Hong Kong

Tuesday, 15 November 22 Bonita Ningsih

Seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 di dunia, pemerintah Hong Kong mulai memudahkan para wisatawan untuk masuk ke negaranya. Berbagai acara pun tengah dipersiapkan untuk menyambut para wisatawan mancanegara maupun domestik yang ingin menjelajahi Hong Kong.

Salah satu acara yang saat ini tengah digelar adalah Pameran Khusus Yayoi Kusama: 1945 to Now pada 12 November 2022 hingga 14 Mei 2023. Pameran seniman asal Jepang ini digelar di M+ yang merupakan salah satu museum budaya visual modern dan kontemporer terbesar di dunia. 

Kehadiran Pameran Khusus Yayoi Kusama: 1945 to Now  ini juga menandai hari jadi yang pertama dari M+. Museum ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta seni karena memiliki ruangan yang besar dengan fasilitas terbaik.

“M+ benar-benar menakjubkan ketika saya mengunjunginya. Ini adalah ruang sangat besar dengan atmosfer modern dan dinamis serta koleksi karya seni yang luar biasa. Sangat menyenangkan melihat area sisi Kowloon berkembang menjadi pusat seni,” kata Irene Haagen, pemilik galeri dan artis asal Filipina yang juga merupakan Super Fan Hong Kong.

Selama pameran berlangsung, Kusama, menghadirkan berbagai karyanya mulai dari awal karier hingga kreasi terbarunya. Terdapat enam tema yang menampilkan beragam karya seni milik Kusuma yaitu Infinity, Accumulation, Radical Connectivity, Biocosmic, Death, dan Life Force.

Pada pameran ini, Kusama, juga menampilkan tiga karya terbarunya untuk pertama kalinya kepada penonton. Yaitu Death of Nerves (2022), instalasi berskala besar yang menghubungkan lantai dasar museum dan lantai bawah tanah, Dots Obsession—Aspiring to Heaven’s Love (2022), lingkungan imersif yang mencakup salah satu ruang cermin khas sang seniman, dan Labu (2022) dua patung besar yang tersedia untuk dilihat publik di Main Hall.

Kusama membawa koleksinya dari Asia dan sekitarnya mencakup seni visual, desain, dan arsitektur, dan gambar bergerak. Istimewanya lagi, karya yang ditampilkan juga ditawarkan dengan pengalaman interaktif yang kreatif. 

Selain seni, pengunjung juga dapat menikmati berbelanja dan bersantap di area sekitar museum. Lebih dari itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan cakrawala Hong Kong yang menakjubkan di Roof Garden.

Wisatawan lokal maupun internasional dapat menyaksikan pameran ini secara langsung di daerah West Kowloon Cultural District. Menjadi museum budaya visual kontemporer global pertama di Asia, M+, memiliki lokasi langsung menghadap ke Pelabuhan Victoria.