Hadir di Venue Baru, Art Jakarta 2023 Berhasil Datangkan 35.578 Pengunjung

Thursday, 23 November 23 Bonita Ningsih

Pagelaran Art Jakarta 2023 telah berakhir pada 19 November 2023 silam di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Hadir di venue baru, Art Jakarta 2023, sukses memamerkan karya seni rupa dengan perolehan jumlah pengunjung yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan yang dikirim melalui siaran pers, Art Jakarta 2023, berhasil mendatangkan 35.578 pengunjung mulai dari tanggal 17-19 November 2023. Angka tersebut naik lebih dari 2.000 orang jika dibandingkan dengan perolehan pengunjung di tahun lalu. 

Meningkatnya jumlah pengunjung pekan seni ini memberikan sinyal positif terhadap industri seni rupa di tengah era yang tidak pasti ini. Art Jakarta 2023 juga telah berhasil memberikan apresiasi terhadap karya-karya seniman yang berasal dari 12 negeri di kawasan Asia Pasifik. 

Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta, mengatakan bahwa venue baru ini memungkinkan adanya pertumbuhan dari pekan seni karena dinilai mampu memberikan area pameran yang lebih baik. Tak hanya itu, peserta pameran dan juga pengunjung juga mendapatkan lingkungan yang lebih baik dengan adanya venue baru ini. 

BACA JUGA:   Uji Coba Digitalisasi Perizinan Event Dilakukan di Enam Venue Terpilih

“Venue baru di JIExpo memungkinkan kami untuk menghadirkan pekan seni ini di sebuah aula tunggal yang terpadu dan kondisi yang lebih leluasa. Para pengunjung dapat menemukan lebih banyak instalasi lebih besar di area terbuka. Alur penataan galeri, instalasi site-specific, dan komponen-komponen lainnya dalam pekan seni ini membuat pengalaman kunjungan menjadi lebih baik dan menjadi standar baru,” jelas Tom.

Selain dari segi pengunjung, hal positif lainnya juga datang dari hasil penjualan karya seni rupa selama acara berlangsung. Meskipun tidak menyebutkan angka pastinya, pihak penyelenggara memastikan bahwa Art Jakarta dapat mempertahankan posisinya sebagai salah satu pekan seni yang paling dirayakan di Asia. 

BACA JUGA:   Jakarta Fashion Week 2024: Pesta Pecinta Mode Lintas Generasi

Art Jakarta 2023 dianggap berhasil menjadi platform penting bagi seniman, profesional seni, dan pemangku kepentingan lain di dunia seni rupa karena telah menghadirkan serangkaian program dengan berbagai segmen dan bincang-bincang. Dengan demikian, Art Jakarta melanjutkan perannya dalam menghadirkan bakat-bakat luar biasa, khususnya dari Indonesia dan sekitarnya di atas panggung internasional.

Hadir dengan serangkaian program regulernya, Art Jakarta 2023, berhasil menghadirkan 68 galeri dari kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya. Pada penyelenggaraan tahun ini, 14 galeri juga hadir untuk pertama kalinya di Art Jakarta 2023. Galeri-galeri tersebut berasal dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang.

Art Jakarta 2023 juga telah mempersembahkan karya-karya pemenang penghargaan dan presentasi istimewa dari para mitra kolaborator yang berasal dari berbagai industri. Beberapa di antaranya adalah karya- karya pemenang Next Generation Art Prize 2023 di Asia, kompetisi yang membuka jalan bagi seniman muda untuk mengembangkan diri, persembahan Julius Baer; lebih dari 25 karya oleh para pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam di UOB Art Space hasil persembahan UOB Indonesia.

BACA JUGA:   ASTINDO Virtual Travel Fair Dijadikan Momentum Kebangkitan Bisnis Travel Agent

Ada juga Memory Mirror Palace yang pernah dipamerkan di Paviliun Indonesia, Venice Biennale 2019, karya Syagini Ratna Wulan yang dipersembahkan oleh Bibit. Semua presentasi yang dihadirkan mitra Art Jakarta 2023 mendapatkan respons positif dari pengunjung.